Memasuki Musim Hujan 

Penanganan Persoalan Banjir harus Jadi Prioritas

Hamdani MS SIP Ketua DPRD Pekanbaru

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Memasuki musim penghujan seperti sekarang, sejumlah titik di Kota Pekanbaru kerap kali digenangi air bahkan meluap hingga ke badan jalan. Untuk itu pemerintah melalui dinas terkait diharapkan melakukan penanggulangan banjir sebagai prioritas utama.
Seperti di Jalan KH. Nasution tepatnya diarea kampus UIR. Warga sekitar mengeluhkan drainase yang penuh dengan sampah dan tersumbat.

"Tidak hujan saja air paritnya udah hampir penuh, kalau hujan bentar aja ya langsung banjir dan penuhi jalan. Sudah beberapa kali saya lihat ada petugas yang lakukan pengerukan sampah,  tapi entah kenapa aliran airnya tetap tidak jalan," ujar Risma seorang warga, Kamis (17/10/2019)

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS SIP meminta Pemko melalui intansi terkait melakukan berbagai upaya pencegahan banjir dan melakukan perbaikan drainese yang jadi salah satu penyebab banjir.

"Sama halnya dengan bencana asap, bencana banjir juga bencana yang hampir setiap tahun terjadi. Maka harus masuk tugas perioritas agar persoalan ini bisa tuntas," harap Hamdani.

Dikatakan Politisi PKS ini, penanggulangan bencana banjir harus dengan penganggaran yang tepat sesuai dana yang dikeluarkan.

"Bencana banjir harus jadi prioritas utama Pemko, prioritas utamanya bagaimana? Yaitu dengan penganggaran yang tepat. Ya sesuai dengan cash yang kita miliki. Cash banjir dan sampah dan lainnya juga. Tentu kita bisa melihat mata anggaran itu," tegas Hamdani.

Selain itu,  Hamdani meminta keseriusan Pemko dan Dinas PUPR Perkim terhadap penanggulangan banjir dengan anggaran yang dimiliki.

"PUPR khususnya dan juga Perkim harus serius dalam menghadapi persoalan musiman ini. Anggaran yang cukup besar bisa diperuntukkan secara proposional untuk penanganan banjir," tegas Hamdani.(MM/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar