Untuk Hindari  Konflik dalam Bermasyarakat

FKUB Pekanbaru Rekomendasikan Perda Berbusana Sopan Bernuansa Melayu

Ismardi Ilyas

PEKANBARU---(KIBLATRIAU.COM)--  Demi  menjaga penguatan kerukunan umat beragama di Kota Pekanbaru, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pekanbaru merekomendasikan Peraturan Daerah (Perda) Berbusana Sopan Bernuansa Melayu di Kota Pekanbaru.

Perda ini sejatinya sudah disepakati dan disetujui oleh berbagai tokoh lintas agama.Dan maksud Perda ini dibuat  untuk menghindari konflik yang rentan terjadi dalam bermasyarakat antar umat beragama.

Demikian disampaikan ketua FKUB Pekanbaru, Ismardi Ilyas, usai menggelar acara Penguatan Kerukunan Umat Beragama di kantor IKMI Pekanbaru Jalan Todak, Kecamatan Marpoyan Damai, Senin (2/12/2019).

"Jadi salah satu inisiasi kita menjaga kerukunan umat beragama ini adalah salah satunya melalui kebijakan. Misalnya FKUB merekomendasikan Perda tentang berbusana yang sopan bernuansa melayu," ungkap Ismardi Ilyas.

Ismardi Ilyas juga mencontohkan beberapa kasus yang telah terjadi di Kota Pekanbaru yang berkenaan langsung dengan tata cara berbusana ini yang telah menimbulkan konflik di tengah masyarakat.

"Kemarin ada sebuah klenteng yang dimasalahkan oleh masyarakat. Sewaktu kita sidangkan, ternyata bukan klentengnya yang salah, tapi penampilan jema'ahnya yang dikritik oleh umat lainnya, yang menganggap itu kurang pantas. 

Jadi, dari kasus ini lah mungkin sekiranya Pekanbaru perlu sebuah regulasi yang mengatur tentang Berbusana yang Sopan dan Bernuansa Melayu," tutur Ismardi. (Kur)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar