Sempena HPN 2020

Wali Kota Pekanbaru Sebut Pers Masyarakat Dewa

Firdaus ST MT

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Insan pers  baru saja merayakan Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari yang  bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Untuk tingkat nasional, HPN 2020 dipusatkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan. Presiden RI Joko Widodo serta sejumlah menteri cabinet menghadiri langsung perhelatan ini.

Bersempena dengan HPN 2020, Walikota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengatakan, bahwa peran pers sangat menentukan arah kemajuan suatu bangsa. Pers juga ikut dalam proses mencerdaskan bangsa, ujung tombak dalam menangkal informasi-informasi bohong (hoaks) yang terus berkembang. Pers harus tetap bermartabat dalam membela masyarakat. "Dalam bahasa sederhana saya selalu katakan, pers ini adalah masyarakat dewa. Dan tentunya bisa memberikan informasi-informasi yang edukatif, dan juga bisa membuat opini yang benar. Maka dari itu kita berharap ke depan semoga pers Indonesia mampu memberikan edukasi, mampu memberikan motivasi kepada masyarakat, dan mari kita perangi berita hoaks dan opini negatif," kata orang nomor satu di Pekanbaru ini kemarin.

Artinya,ujar Firdaus,  dengan informasi-informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat memberikan ilmu dan perubahan pola pikir ke arah yang lebih baik, atau mindset yang positif. "Seperti yang disampaikan Bapak Presiden Jokowi tentang revolusi mental Indonesia, insya Allah dengan revolusi mental dan SDM unggul Indonesia akan maju," ujarnya lagi. Dia juga menjelaskan,  keunggulan masyarakat itu tentu dibarengi dengan mendapatkan informasi yang edukatif dan mampu memberikan dorongan yang memotivasi, untuk berinovasi dalam memajukan bangsa.

"Dengan HPN 2020, pers Indonesia akan mampu membangun masyarakat Indonesia unggul untuk mencapai Indonesia maju," jelas mantan Kadis Pekerjaan Umum (PU) Pemprov Riau ini. Di era berkemajuan saat ini juga, kata Firdaus, siapa yang menguasai informasi --dan siapa yang menguasai informasi pertama maka dipastikan akan dapat memenangkan kompetisi. Dan pastinya akan mendapatkan keuntungan dari informasi itu."Jadi, informasi menjadi hal yang  sangat penting di era maju saat ini. Oleh sebab itu, dapatkanlah informasi secepat mungkin, sehingga bisa berbuat lebih maju lagi kedepannya,'' harap Firdaus.(Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar