BPS Kota Pekanbaru Sediakan Akses Laman https://se

Sensus Penduduk Online 2020 Resmi Dimulai

Kepala BPS Kota Pekanbaru Ajid Hajiji SST MSi saat melakukan peninjauan pelaksanaaan sensus penduduk online perdana Sabtu (15/2/2020)

Laporan Hendri Zainuddin

Pekanbaru

    USAI gencar melakukan sosialisasi beberapa waktu yang lalu, terhitung hari ini Sabtu (15/2/2020) hingga (31/2/2020), Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekanbaru resmi memulai Sensus Penduduk Online perdana. Adapun Sensus Penduduk Online ini dilaksanakan di kantor BPS Kota Pekanbaru di Jalan Rawa Indah yang diikuti puluhan pegawai BPS serta relawan. ''Ya hari ini kita bersama dengan pegawai dan ditambah dengan relawan mulai melakukan sensus penduduk online perdana. Sensus ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia,'' ungkap Kepala BPS Kota Pekanbaru Ajid Hajiji SST MSi saat dikonfirmasi Kiblatriau.com didampingi Kasubag Tata Usaha Sudiro Sabtu, (15/2/2020) di ruang kerjanya. Dijelaskan Ajid, untuk sensus penduduk online ini bisa diakses oleh semua masyarakat melalui laman https://sensus.bps.go.id secara cepat dan mudah.''Jadi, sensus penduduk online ini memberikan kesempatan bagi penduduk Indoensia untuk berpartisipasi dalam pendataan mandiri/. Cukupbuka laman  https://sensus.bps.go.id , maka langsung diisi secara tepat dan benar,'' terang Ajid.

 Ajid menambahkan, dalam sensus penduduk online ini yang perlu disiapakn oleh selutuh masyarakat yakni nomor NIK, KK serta buku nikah.''Karena sistim pendataannya melalui online. Jadi disisi data sesuai NIK, KK dan buku nikah yang ada. Dengan begitu, data yang diisi nantinya akan langsung terkirim ke pusat secara online. Untuk sata yang telah diisi tentu dirahasiakan sesuai undang-undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik. Jadi masyarakat jangan takut dan bimbang terkait data yang diberikan itu,'' sebut Ajid.

Lebih jauh diterangkan Ajid, pihaknya akan melaksanakan sensus penduuduk online di jajaran Pemko Pekanbaru serta di dua belas kecamatan.''Intinya kita terus gencar lakukan sensus penduduk online ini. Makanya dengan adanya sensus penduduk online kita mengharapkan seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mengisi datanya sesuai dengan petunjuk yang ada. Dengan begitu, data yang diberikan akan tercatat secara benar dan akurat. Oleh sebab itu, kita sangat berharap seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dengan melakukan sensus penduduk online ini dan pastikan anda tercatat,'' harap Ajid. ***


Ini langkah-langkah untuk pengisian SP Online 2020

1. Siapkan dokomen kependuukan (KK,KTP, Akta Nikah)
2. Masuklah ke laman https://sensus.bps.go.id
3. Masukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga anda
4. Klik kotak kosong pada captcha lalu klik  ''cek keberadaan''
5. Jika pertama kali melakukan akses pada SP Online buatlah kata sandi dan pilih pertaanyaan keamanan yang paling sesuai lalu klik buat pasword
6. Masukan kata sandi yang telah dibuat  sebelumnya lalu klik ''Mulai''
7. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP Online lalu klik ''Mulai Mengisi''
8. Pilihlah bahasa yang palimh dikuasai
9. Ikuti perunjuk yang ada dan jawablah seluruh pertanyaan  yang diberikan dengan jujur  dan sebenar-benarnya
10. Setelah mengisi seluruh pertanyaan , klik tombol kirim''
11. Unduh atau kirimkan bukti pengisian ke email anda  dengan mengisikan  alamat email


 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar