Cegah Penyebaran Virus Corona

Rumah Pasien Positif Corona di Pekanbaru Disemprot Disinfektan

Rumah pasien positif Corona di Pekanbaru disemprot disinfektan.

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Setelah sehari diumumkan positif terjangkit virus Corona, rumah pasien berusia 60 tahun di Pekanbaru disemprot disinfektan. Pasien pria yang beralamat Kecamatan Bukit Raya Kota pekanbaru itu didatangi Tim kesehatan Kamis (19/3/2020).Tim medis pemprov Riau juga menemui keluarga sebelum melakukan penyemprotan. Setelah meminta izin kepada pemilik rumah, tim medis menyemprot isi rumah dan lingkungan sekitar rumah pasien."Petugas medis pemprov dan pemkot bekerja sama melakukan penyemprotan disinfektan. Sasarannya di kediaman pasien dan rumah tetangga sekitarannya" ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Mimi menyebutkan, keluarga pasien positif virus corona tersebut juga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Tim medis juga memeriksa kesehatan para keluarga
pasien inisial M itu."Setelah kita melakukan observasi dengan bertemu keluarga pasien, kondisi kesehatan keluarga pasien baik-baik saja," jelas Mimi.Mimi mengambil langkah tersebut sebagai upaya antisipasi untuk mencegah penyebaran virus yang dibawa pasien positip corona tersebut.Selain keluarganya, teman pasien yang berkomunikasi dengannya juga sedang dilacak. Bahkan, orang yang duduk berdekatan dengan pasien juga dicari.

Pemerintah Provinsi Riau sedang mencari alamat rumah puluhan warga yang menjadi jamaah tabligh akbar di Malaysia. Para jamaah itu sudah pulang ke Riau beberapa waktu lalu, namun salah satu dari mereka dinyatakan positif terinfeksi virus corona."Kita sedang mencari alamat teman-teman dari warga yang positif (Corona) itu. Kita minta bantuan kepolisian dan Kementerian Hukum dan HAM melalui imigrasi," ujar Sekretaris Daerah Pemprov Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid saat dihubungi merdeka.com.Yan menyebutkan, jika nanti sudah didapat data lengkap alamat rumah para Jemaah tablig akbar itu, tim medis akan mendatangi rumah mereka masing-masing. Itu dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan mereka."Dan juga supaya (mereka) tidak menyebar kemana-mana," kata Yan.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar