1.028 Dinyatakan Negatif dan 5 Positif

1.033 Orang Sudah Jalani Pemeriksaan Rapid Test

Drs M Amin MSi

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Setakat ini, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru telah melakukan rapid test atau pemeriksaan cepat terhadap 1.033 orang dengan hasil 1.028 dinyatakan negatif dan 5 lainnya positif. '' Ini (hasil rapid test positif) indikasi saja, Bukan berarti positif covid-19,'' ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin, kepada wartawan, Rabu (22/4/2020).Amin menjelaskan, bahwa kelima orang yang dinyatakan positif sesuai hasil rapid test itu langsung diberikan perawatan medis di rumah sakit dan ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Yang positif (sesuai hasil rapid tes) ini tentu kita PDP kan dia dulu sampai menunggu hasil swab-nya keluar,'' ujar Amin. Lanjut Amin, untuk memastikan seseorang positif terinfeksi Covid-19 mesti dilakukan tes swab terlebih dahulu.''Jadi belum tentu yang rapid test memang positif covid, bisa saja dari tes swab dinyatakan negatif. Untuk itu perlu dilakukan tindak lanjut dengan dilakukan tes swab, dan informasi yang kita terima dari RSD Madani sudah ada yang dinyatakan negatif,'' sebut Amin.

Diketahui, informasi adanya hasil rapid test positif ini sebelumnya disampaikan Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi. ''Dapat kami informasikan juga bahwa Dinas Kesehatan telah melakukan pemeriksaan rapid test kepada 1.033 orang dengan hasil 1.028 negatif dan 5 positif. Ini termasuk yang sebelumnya dirawat di RSD Madani dan telah dinyatakan negatif sesuai hasil PCR (tes swab),'' imbuh Mulyadi. (Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar