Ustad Sahdanur Sampaikan Ceramah  Santapan Rohani

Bulan Ramadan Melatih Diri untuk Mengendalikan Hawa Nafsu

Ustad Drs H Sahdanur Gazali.saat menyampaikan ceramah agama di Masjid Nurul Muhsinin , Jalan Ikan Mas, Kecamatan Marpotan Damai Sabtu (19/5) malam.

PPEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)-- Memasuki malam ke empat bulan ramadan, jemaah Masjid Nurul Muhsinin masih ramai yang datang ke masjid untuk melaksanakan salat isya dan tarawih berjamaah.

Pantauan di dalam masjid  ada 4 saf bapak-bapak dan ditambah remaja dan anak-anak . Begitu juga saf bagi ibu-ibu  masih panjang ke belakang.

Pada kesempatan ini yang memberikan ceramah santapan rohani ramadan adalah ustad Drs H Sahdanur Gazali. Adapun sesuai dengan judul yang ditetapkan IKMI yakni puasa dan hawa nafsu.

Dalam ceramahnya Sahdanur mengatakan, bahwa  di dalam diri manusia ada hawa nafsu, sehingga hawa nafsu ini perlu dikendalikan oleh setiap manusia.

"Makanya untuk mengontrol hawa nafsu manusia memiliki pikiran dan akal. Oleh sebab itu, dengan adanya akal, tentu manusia bisa memilih jalan yang benar dan mengikuti perintah dari Allah SWT," ungkap Sahdanur.

Diterangkan Sahdanur,  salah satu cara untuk mengendalikan hawa nafsu itu dengan memperbanyak amal ibadah selama bulan ramadan ini.

"Karena hawa nafsu adalah rahmat dari Allah SWT. Oleh  sebab itu kendalilah hawa nafsu. Terlebih lagi pada bulan ramadan ini membersihkan diri. sehingga mendapat amal kebaikan dari Allah SWT,"  ungkap Sahdanur.

Lebih jauh dikatakan Sahdanur, dalam kehidupan di muka bumi ini yang paling sulit adalah melawan hawa nafsu.

" Oleh sebab itu dengan diberikan akal oleh Allah SWT, maka kita bisa berpikir mana yang baik dan buruk. Makanya di bulan ramadan ini melatih kita untuk bersabar.

Selain itu, dengan khusuk beribadah, maka apapun amal yang dilakukan diterima Allah SWT. Bahkan, yang paling penting momen bulan ramadan ini membuat kita bisa mengendalikan diri, " harap Sahdanur. (Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar