Bangun Rumah Warga yang Terbakar 

Wakil Ketua DPRD Kampar antar Bantuan Semen dan Lakukan Goro Bersama

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol, S.Ag saat melakukan goro bersama masyarakat di Ranah Sungkai,Senin (1/6/2020)

RANAH SUNGKAI--(KIBLATRIAU.COM)-- Musibah kebakaran rumah yang dialami Abdul Azis (51) pada Jum'at (29/5/2020) lalu di Desa Ranah Sungkai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar tidak hanya menuai simpati dari ratusan kepala keluarga di Ranah Sungkai. Namun juga datang dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol, S.Ag. . Pada Senin (1/6/2020) siang hingga sore Repol mewakili Ketua DPD Partai Golkar Kampar Ahmad Fikri bersama Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar Akhir Yani, SE,  Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Keagamaan DPD Partai Golkar Kabupaten Kampar  Khairil Amri, Ketua Pimpinan Kecamatan Partai Golkar XIII Koto Kampar Syahrudin Perai, Ketua Pimpinan Desa Partai Golkar Ranah Sungkai, Pimpinan Desa Partai Golkar Lubuk Agung Nurbit ikut gotong royong bersama ratusan masyarakat Ranah Sungkai membangun kembali rumah korban kebakaran Abdul Azis.

Selain itu Repol mewakili Ketua DPD Partai Golkar Kampar Ahmad Fikri juga menyerahkan bantuan  bantuan 20 sak semen untuk pembangunan kembali rumah Abdul Azis.  Repol pada kesempatan ini memberikan bantuan peralatan mandi kepada korban.  Ikut serta dalam kegiatan ini Kepala Desa Ranah Sungkai Adiyanto bersama Imam Masjid Ranah Sungkai, Sekdes Ranah Sungkai, sejumlah kaur, staf desa dan tokoh masyarakat Ranah Sungkai. Kepada korban yang masih tampak trauma, Repol yang juga menjabat Sekretaris DPD Partai Golkar Kampar juga turut menghibur dan memberikan semangat kepada korban yang masih belum bisa menyembunyikan kesedihannya.

Dari pantauan di lapangan, gotong royong tahap pertama ini membangun kembali pondasi rumah Abdul Azis. Selain pekerjaan menggali pondasi baru, sebagian masyarakat mengumpulkan pasir di dalam sungai yang tak jauh dari lokasi rumah korban. Pasir yang telah terkumpul lalu diangkat ke atas daratan dengan menggunakan ember dan dipindahkan secara berantai. Di lokasi lain sekelompok masyarakat mengerjakan pemotongan kayu. Sementara kaum ibu tampak sibuk menyediakan makanan dan minuman serta menyediakan kue untuk kaum pria yang melakukan gotong royong. Peserta goro juga membersihkan sisa-sisa kebakaran."Luar biasa semangat kebersamaan, gotong royong warga, yang begini ini sudah sangat jarang,'' ujar Repol. 

Mantan aktivis mahasiswa yang dikenal ramah dan selalu turun ke masyarakat dan membantu masyarakat yang tengah mengalami kesulitan dan sakit itu berharap berkat kebersamaan para dermawan dan masyarakat, rumah Abdul Azis bisa berdiri kembali.  Dalam diskusi bersama Kades Ranah Sungkai usai makan bersama di lokasi goro, Repol meminta Kades segera mempersiapkan surat-surat tentang musibah ini agar segera diurus bantuan untuk korban.Sebagaimana diketahui, peristiwa yang menghanguskan rumah permanen berukuran sekira 20 x 8 meter itu terjadi pada Jum'at (29/5/2020) sekira pukul 16.00 WIB.Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang berlangsung cepat itu. Namun seluruh harta dan peralatan rumah tangga serta surat menyurat termasuk ijazah anak Azis ludes dilalap si jago merah. Menurut korban, kejadian berlangsung saat korban pergi mandi ke sungai. Api diperkirakan dari tempat pengasapan atau menyalai ikan di dalam rumahnya yang membesar karena saat ia pergi mandi ke sungai. (Doni)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar