Gelar Rapat Bersama 

Kadishub Pekanbaru Sebut 8 Juni  Pengoperasian Kapal Dibuka

Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru melaksnakan rapat bersama yang dipimpin Asisten I Drs Azwan Msi Rabu (3/6/2020)

Laporan Kurniawan

Pekanbaru

    JIKA tak ada halangan,  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru akan membuka pengoperasian aktivitas sejumlah kapal di Pelabuhan Sei Duku, yang direncanakan dilakukan pada 8 Juni 2020 mendatang.

Hal ini diputuskan Dishub usai melakukan rapat bersama sejumlah pihak terkait, baik dari kementerian maupun stakeholder jajaran pemerintah daerah bertempat di ruang kantor Dishub Pekanbaru Jalan Sutomo, Rabu (3/6/2020).

"Insyaallah tanggal 8 besok sudah kita buka keberangkatan kapal,"  ungkap Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso  SSTP Msi kepada KiblatRiau.com usai rapat, Rabu (3/6/2020).

Dijelaskan Yuliarso  bahwa pada tanggal 8 Juni tersebut adalah rencana yang akan dijadwalkan Pemda untuk pembukaan pengoperasian kegiatan keberangkatan kapal-kapal usai adanya aturan dari pemerintah pusat yang melarang kegiatan mudik hingga 7 Juni 2020.

Rencana pembukaan kegiatan di pelabuhan tersebut, kata Yuliarso tetap akan memperhatikan seluruh protokol keamanan dan kesehatan, karena saat ini masih disinyalir perkembangan Covid-19 masih berlangsung.

"Akan dibentuk juga nanti tim khusus dari dari berbagai pihak seperti Diskes, KKP, TNI/ Polri dan lainnya dalam gugus tugas untuk melakukan ini," sebut Yuliarso. 

Pengawasan yang akan dilakukan tim gugus tugas ini nantinya jelas Yuliarso, juga bekerjasama dengan operator dan beberapa agen di pelabuhan, guna untuk mengatur beberapa kru di moda transportasi air maupun regulasi untuk penumpang yang berangkat.

"Untuk penumpang tetap kita lakukan pembatasan. Contohnya Kapal Jelatik yang kapasitas normalnya 200 , maka kita jadikan 100 penumpang atau separonya 50 persen," jelas Yuliarso.

Adapun moda transportasi air yang akan diberlakukan pembukaan pertama untuk aktivitas keberangkatan ini, terang Yuliarso jumlahnya juga masih terbatas. Antara lain seperti Naga Line, Meranti Ekspres, dan Kapal Motor (KM) Jelatik Ekspres.

"Yang pasti untuk tanggal 8 itu, cuma KM Jelatik yang sudah mengkonfirmasikan kesiapannya untuk di buka. Namun menjelang tanggal 8 itu, diwaktu H-2 nya kita juga akan  melakukan sosialisasi kepada operator angkutan di pelabuhan," tutur Yuliarso. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar