Ketua MUI Pekanbaru Buka TOT di Kelurahan Industri

Perwujudan Berkarya dalam Kebersamaan Membina Generasi Islam

Ketua MUI Pekanbaru Ilyas Husti foto bersama

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)-- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tenayan Raya menggelar acara Trainning Of Trainer (TOT) bagi remaja Masjid Al Anshor dan Pembinaan Membaca Alqur'an bagi Siswa/i SDN 178 Kelurahan Industritenayan (IT).

Kegiatan itu dilaksanakan di  masjid paripurna Al Anshor Industri Tenayan, Sabtu (26/5/).

Acara  yang bertema Pesantren Ramadhan "Pelatihan TOT ini selenggarakan oleh Komisi bidang Dakwah dan Pendidikan MUI Kecamatan Tenayan Raya yang dibuka oleh Ketua Umum MUI Pekanbaru Prof DR Ilyas Husti.

Pada pembukaan ini turut dihadiri Sekum MUI Pekanbaru, dan MUI Tenayan Raya serta Perwakilan Pemko Pekanbaru, Plh Lurah Industri Tenayan, Kepsek SDN 178, Ketua LPM. Selanjutny pengurus Forum RT/RW, Ketua RW, RT, Pengurus Masjid Al Anshor, tokoh Pemuda dan Masyarakat Kelurahan Industri Tenayan di Masjid Paripurna Al Anshor.

Dalam sambutannya Ketua panitia Drs. H Kalayo Hasibuan, M.Ed-Tesol mengatakan kegiatan tersebut sebagai perwujudan berkarya dalam kebersamaan membina generasi Islam.Yang mana kegiatan ini merupakan program kemitraan dari Forum RT/RW, Kelurahan IT, Pengurus Masjid,  Remaja Masjid, MUI Kecamatan Tenayan Raya dan MUI Kota Pekanbaru.

" Kegiatan pelatihan ini akan melatih sebanyak 11 instruktur sebagai program Trainer of Training (TOT) metode AL ALAQ (Alat Awal Lantunan Ayat-Ayat Qur'an) selama tiga hari. Kemudian akan melatih kepada 87 siswa/i SDN 178 (63, 22 persen belum mampu membaca Alqur'an) selama 7 hari, dengan target pencapaian setelah pelatihan seluruh peserta akan mampu membaca Alquran dengan baik, " ujar Kalayo

Plh Lurah IT,  Zulkifli menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada panitia terhadap ide yang mulia ini.

"Jadi ini sejalan dengan misi Kota Pekanbaru menjadikan Kota Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang Madani dan menjadikan Kota Pekanbaru yang Smart City Madani. Semoga dengan kegiatan ini dapat menghapus buta aksara baca Alquran khususnya di Kelurhan IT, " sebut Zulkifli.

Zulkifli juga menyampaikan bahwa Kelurahan IT memiliki lima rumah Ibadah umat Islam yaitu dua masjid dan sebanyak tiga mushalla. Sedangkn jumlah penduduknya sebanyak 2.178 jiwa, 85% muslim dan 15% non muslim.

Dalam kesempatan ini, Zulkifli mengingatkan kepada seluruh jemaah bahwa pada 27 Juni 2018 mendatang akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur.

"Makanya jangan sampai ada yang tidak memilih atau golput. Mari luangkan waktu untuk datang ke TPS guna hak pilih sebaik mungkin 1 suara kita menentukn pemimin Riau 5 tahun kedepan, " harap Zulkifli.

Sementara itu Ketua MUI Pekanbaru Prof Dr.H. Ilyas Husti MA dalam sambutannya mengajak jemaah bersyukur kepada Allah SWT  karena di Kecamatan Tenayan Raya banyak pembangunan yang di arahkan oleh Pemko Pekanbaru seperti perkantoran walikota sebentar lagi akan diresmikan pemakaiannya.

Selanjutnya,  seperti Jalan ring road 45 persis berada di Kelurahan IT dan ini pertanda kedepannya  Keluarahan IT akan lebih maju.

Terakhir Ilyas Husti mengajak tetap bersyukur atas semuanya itu dan istiqamah menjalankn ibadah ramadhan sampai akhir jangan sampai kosong masjid di akhir ramadhan nanti.

Kegtan ini ditutup dengan tausyah oleh Dr.H.Hasyim, MA. Dalam paparannya ia mengajak jamaah melaksanakan tiga perkara dalam bulan ramadhan pertama perbanyak zikrullah, dan kedua perbanyak sedekah dan ketiga perbanyak ibadah.(Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar