Semoga Wabah Covid-19 Segera Berlalu

Percepatan Penanganan Covid-19, Ini yang Dilakukan Pemprov Riau

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memaparkan langkah-langkah yang telah dilakukan dalam melakukan percepatan penanganan Covid-19.''Kami telah melakukan langkah-langkah percepatan penanganan Covid-19. Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap seluruh masyarakat, agar masyarakat senantiasa aman dan tertolong selama wabah ini," ungkap Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution Sabtu (6/6/2020).

Langkah pertama yaitu Pemprov Riau menunjuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad sebagai rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19 di Provinsi Riau. "Selanjutnya kami menutup penerbangan dari daerah terjangkit yakni Malaysia dan Singapura,'' ujar Edy.Kemudian pemerintah meminta kepada seluruh kepala daerah di Provinsi Riau untuk memperketat seluruh pintu masuk dan jalur masuk lainnya.Pemprov Riau juga menyiapkan 1.000 ruangan untuk fasilitas pasien Covid-19. Edymengaku, pihaknya juga telah meninjau kesiapan lokasi makam pasien positif Covid-19 sebagai langkah antisipasi.


Edy menjelaskan, Pemprov Riau juga meminta kepada seluruh kepala daerah di seluruh Riau untuk membentuk desa siaga Covid-19.''Kami juga bekerjasama dengan Bulog (Badan Urusan Logistik) untuk menjaga ketersediaan bahan pokok selama pandemi,'' jelas Edy.Berikutnya, pemerintah membuka dapur umum di kawasan Purna MTQ Kota Pekanbaru. Serta mengoperasikan Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, sebagai uji sample pasien untuk mengecek apakah terinfeksi Covid-19atau tidak.

Pemerintah menyalurkan sebanyak Rp 700 juta donasi yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau untuk penanganan Covid-19 yang selanjutnya diberikan kepada warga tidak mampu.Pemprov Riau juga telah mencanangkan gerakan menanam untuk ketahanan pangan. Serta memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan bantuan jaring pengaman sosial kepada kabupaten dan kota dengan nilai sebesar Rp191 miliar. ''Semoga wabah Covid-19 cepat berlalu.Dan kita bisa kembali seperti kehidupan normal semula,'' harap Edy. (Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar