Ketiga proses Sangat Penting

Tiga Cara Ampuh  untuk Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19. Ini Penjelasan Jubir Gugus Tugas

dr Indra Yovi

PEKANBARU--(KIBLATRIACOM)-- Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau. Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan (GTP) Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi menyampaikan ada tiga strategi yang mesti dilakukan.

Tiga strategi itu, kata jubir ini adalah melakukan tracing, testing dan treatment.

''Ya tiga strategi ini adalah cara untuk memutus mata rantai Covid-19,'' ungkap Yovi kepada wartawan,Sabtu (27/6/2020)

Langkah tracing, sebut Yovi, adalah yang harus dilakukan dengan proses pelacakan terhadap riwayat perjalanan atau orang-orang yang bersentuhan langsung dengan pasien positif awal. 

Sedangkan, proses testing, menemukan pasien positif dengan melakukan tes seperti rapid test dan tes swab.

Sementara itu, proses treatment adalah  memberikan perawatan kepada pasien positif yang ditemukan berdasarkan hasil tracing atau testing.

''Setelah ditracing, testing, maka treatment adalah proses terakhirnya, "  ujar Yovi.

Menurut Yovi, tiga langkah (3T-red) strategi itu merupakan cara ampuh mengantisipasi penyebaran Covid-19. Ketiga proses itu pun sebut Yovi, tidak boleh dilewatkan.

''Kami tim media, tidak bisa bekerja keluar dari proses 3T ini. Nah seandainya salah satunya kosong, tidak bisa. Karena semuanya satu jalan,'' tutur Yovi.

Dijelaskan Yovi, tracing akan sia-sia apabila tidak dilanjutkan dengan testing. Karena testing sangat penting dilakukan untuk menentukan seseorang positif atau negatif Covid-19.

Sebab itu sambung Yovi, sangat penting untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya testing itu. Baik dilakukan secara rapid test atau swab.(Ha)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar