Galeri Foto

Empat Ranperda Kota Pekanbaru Disahkan jadi Perda

Mayoritas Anggota DPRD Setuju 

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Setelah melaksanakan rapat dan pembahasan yang alot, akhirnya empat rancangan peraturan daerah (ranperda) Kota Pekanbaru disahkan dalam rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Pekanbaru yang berlangsung , Senin (2/9/2019) dinihari. Pengesahan berlangsung dalam rapat paripurna kesatu masa sidang ketiga DPRD Kota Pekanbaru. Walikota Pekanbaru, Firdaus ST MT menandatangani dokumen pengesahan bersama Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sahril SH MH. Sementara itu, proses penandatangan dokumen disaksikan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan anggota DPRD Kota Pekanbaru yang hadir. 

Pengesahan itu dilakukan setelah mendengarkan laporan dari empat pansus DPRD Kota Pekanbaru terhadap empat ranperda tersebut. Mayoritas anggota DPRD Kota Pekanbaru menyetujui keempat ranperda ini. Adapun keempat ranperda yakni ranperda tentang sistem penyediaan air minum di Pekanbaru. Lalu ranperda tentang izin membuka tanah di Kota Pekanbaru. Kemudian ranperda tentang pembentukan kecamatan. Selanjutnya, ranperda tentang perubahan atas Perda Kota Pekanbaru No. 3 tahun 2011 tentang Pajak Penerangan Jalan.  Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus MT menyebutkan, bahwa rapat pengesahan ini berlangsung dari Ahad (1/9/2019) malam hingga Senin dinihari. Sedangkan empat ranperda akhirnya bisa disahkan menjadi perda. Dalam kesempatan itu, Firdaus mengapresiasi dewan yang akhirnya sepakat mengesahkan empat ranperda tersebut.
''Selama pembahasan ada dinamika dan problem. Namun saat ini sudah bisa disahkan,'' ungkap Firdaus.

Dinamika selama pembahasan adalah seni dalam penyampaian pendapat. Hal ini sesuai dengan pandangan dalam tugas masing-masing.  Firdaus menilai persoalan tidak bisa dilihat hanya dari satu sudut pandang. Namun harus dilihat dari sudut pandang berbeda.'' Jika kita satu sudut pandang, kita tidak bisa melihat semua potensi yang ada. Makanya dari sudut pandangan yang berbeda itu, disatukan, sehingga terbentuk suatu kesepakan bersama,'' tutur Firdaus. Turut hadir dalam rapat itu, para kepala OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru, dinas terkait serta tamu undangan lainnya. (Hen)

Advertorial DPRD Pekanbaru

Rabu, 4 September 2019