55 Peserta MTQ Bengkalis Ikuti Training Center

Kamis, 03 Desember 2020 - 09:04:41 WIB

Penyerahan cenderamata dari Sekda Bengkalis, H Bustami HY kepada Direktur Qur'an Center Batam, Mahadi Rahman disela-sela kegiatan Training Center.

BENGKALIS--(KIBLATRIAU.COM)-- Sebanyak 55 peserta yang menjuarai pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Bengkalis Tahun 2020, mengikuti Training Center (TC) untuk persiapan menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Riau 2021. Kegiatan yang dikoordinir Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) tersebut, pembukaannya dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Rabu 2 Desember 2020.Penjabat Bupati, H Syahrial Abdi diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H Bustami HY saat membuka acara menyebutkan, bahwa TC atau pemusatan latihan merupakan proses pembinaan dan pelatihan berkelanjutan. Tujuannya, mempersiapkan peserta agar lebih baik dan lebih matang, guna menghadapi perhelatan MTQ Riau yang direncanakan akan digelar sekitar Maret atau April 2021 di Kabupaten Pelalawan.

''TC ini juga terselenggara, sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bengkalis agar para peserta yang merupakan anak asli Bengkalis benar-benar siap tampil dengan kemampuan yang sudah dibekali oleh pelatih pilihan'' sebut Bustami. Apalagi, sambung Bustami, Kabupaten Bengkalis menjadi satu daerah yang cukup diperhitungkan saat helat MTQ Provinsi Riau. Terbukti saat MTQ Riau 2019 silam, Bengkalis berhasil meraih juara dua.Ditambah, saat MTQ Nasional yang diselenggarakan di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 ini, 12 utusan kafilah Provinsi Riau merupakan peserta asal Negeri Junjungan. Bahkan di antaranya berhasil meraih prestasi membanggakan, Alfianti Agustina, putri asal Bukit Batu meraih juara dua cabang Hifzil Qur’an golongan 5 juz. Kemudian cabang Syarhil Qur’an beregu putra berhasil meraih harapan tiga, atas nama Muhammad Hafis (Bukit Batu), Muhammad Fitra Jasrid Ramadhan (Bantan), dan Beny Syafiq Najmudin (Bengkalis).

''Kepada adik-adik dan anak-anak kami semuanya, ikuti TC ini dengan serius, tekun, rajin serta niatkan semata-mata ibadah kepada Allah SWT. Karena dari pelaksanaan TC ini, akan mendapatkan ilmu yang sangat berharga dari para pelatih yang berkompeten serta ahli di bidangnya masing-masing,'' pesan Bustami.Sementara itu, Kabag Kesra, H Hambali dalam laporan panitianya menyebutkan, TC diselenggarakan dari mulai 2 sampai 8 Desember 2020. Pelatihan akan dilakukan di beberapa tempat, seperti Masjid Agung Istiqomah, Sekretariat LPTQ, Kantor MUI Bengkalis, dan beberapa tempat lainnya.Pembukaan TC semakin istimewa, karena menghadirkan Qori'ah juara 1 Tilawah Remaja MTQ Nasional 2020 dari Batam, Kepulauan Riau, Zulaikha. Juga dihadiri Direktur Qur'an Center Batam, Mahadi Rahman.(Rls/Hen)