Yulisman Resmi Dilantik jadi Ketua DPRD dan Agung Nugroho Wakil Ketua

Jumat, 18 Desember 2020 - 09:40:24 WIB

Dua pimpinan Yulisman dari Golkar dan Agung Nugroho resmi dilantik menjadi Ketua dan Wakil DPRD Provinsi Riau sisa masa jabatan 2019-2024, Kamis (17/12/2020)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Dua pimpinan Yulisman SSi dari Golkar dan Agung Nugroho SE resmi dilantik menjadi Ketua dan Wakil DPRD Provinsi Riau sisa masa jabatan 2019-2024. Dimana Yulisman sebagai pengganti Indra Gunawan Eet yang mengundurkan diri dari Ketua DPRD Riau karena maju di Pilkada Bengkalis 2020. Pelantikan Yulisman dan Agung Nugroho digelar dalam rapat paripurna agenda Pengucapan Sumpah/Janji Pengganti Antar Waktu (PAW) Pimpinan DPRD Riau dari Fraksi Golkar dan Demokrat, Kamis (17/12/2020). Sedangkan Agung Nugroho sendiri menggantikan Asri Auzar yang maju sebagai Calon Bupati Rokan Hilir di Pilkada Serentak 2020.

Rapat paripurna ini dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, serta Ketua Pengadilan Tinggi Riau, H Sudarmaji. ''Saya ucapkan terimakasih atas pengabdian Pak Asri Auzar dan Pak Indra Gunawan Eet, terimakasih,'' ujar Hardianto usai membacakan putusan pemberhentian.

Dalam Tatib DPRD Riau, kata Hardianto, sebelum memangku jabatan pimpinan DPRD wajib mengucapkan sumpah janji berdasarkan kepercayaan masing-masing yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi. Dan sebelum pengucapan sumpah dan janji, Sekretaris DPRD Riau Muflihun  membacakan semua surat putusan yang berkaitan dengan pengangkatan Yulisman dan Agung Nugroho sebagai Ketua DPRD Riau dan Wakil Ketua DPRD Riau. Setelah mengucapkan sumpah, Yulisman dan Agung langsung
menduduki kursi pimpinan di depan, tepatnya disamping Hardianto. ''Kami ucapkan selamat bertugas. Dan semoga senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT, kepada Indra Gunawan Eet dan Asri Auzar sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas pengabdiannya selama ini,'' sebut Hardianto.


Dengan pelantikan ini, masih ada satu lagi posisi Wakil Ketua DPRD Riau yang kosong, merupakan perwakilan dari PDIP. Hal ini setelah Zukri Misran juga mengundurkan diri karena ikut pencalonan pada Pilkada Kabupaten Pelalawan. Sementara itu, Ketua Pengadilan Tinggi, Sudarmaji mengingatkan, sumpah yang diucapkan ini mengandung tanggung jawab untuk bangsa dan negara, serta tanggung jawab terhadap tegaknya demokrasi. ''Selain disaksikan diri sendiri dan hadirin, sumpah ini juga disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, karena Tuhan maha mendengar dan maha mengetahui. Dan sumpah ini adalah janji kepada Tuhan yang maha esa, yang harus ditepati dengan segala keikhlasan,'' tutur Sudarmaji

Dalam rapat paripurna dihadiri oleh sejumlah Anggota DPRD Riau dan juga Ketua dan Wakil Ketua DPRD Riau sebelumnya, yakni Indra Gunawan Eet dan Asri Auzar, hadir pula Anggota DPR RI dapil Riau, Achmad. Atas pelantikan pimpinan DPRD Riau, cukup banyak karangan bunga ucapan selamat disampaikan oleh kolega, simpatisan serta para mitra.(Adv)