Ada apa Ya? Kepala Sekolah SD 037 Ajak Direktur Dirwaster Berkelahi

Jumat, 19 Maret 2021 - 13:52:24 WIB

Terlihat bangunan Sekolah Dasar 037 yang berada di Jalan Garuda Sakti Panam.

Laporan Afrizal

Pekanbaru


  MERASA  kesal dan tersudut, seorang Kepala Sekolah SD 037, Gimin S.Pd.I meradang dan mengusir Rion, Direktur Pengawas Teritorial (DIRWASTER) Riau dari LSM Badan Pemantau Kebijakan Publik (BPKP) yang datang bertanya kepadanya.   

Bahkan,  saat itu sempat terjadi  pertengkaran mulut di ruangan kepala sekolah hingga ke halaman dan sempat menjadi tontonan orang-orang yang berada disitu. Peristiwa memalukan itu berlangsung pada Kamis (18/3/2021) di sekolah Jalan Garuda Sakti Panam.

Data yang dirangkum, kejadian ini berawal dari pertanyaan  yang diajukan oleh Rion kepada kepala sekolah tentang listrik dan internet sekolah. 

Namun entah  merasa tersudut dan kesal oleh pertanyaan atau apa, Gimin pun meradang, ia pun mencabut papan pemberitahuan penggunaan dana BOS. 

Dan,  Gimin sempat menghempas buku, memukul meja dan meninju dinding hingga mengusir Rion keluar dari ruangannya.

Hal ini terjadi diduga Gimin merasa diaudit oleh Rion.  Sementara Rion mengatakan bahwa ia hanya ingin bertanya untuk mendapatkan informasi dari pertanyaan yang diajukan kepada kepala sekolah tersebut.

Kepada wartawan Rion mengatakan,  bahwa Gimin sempat menggapai lengannya dan mencubit. 

"Dia mengajak saya berkelahi di lapangan dan tadi sempat mencubit lengan saya," ujar Rion.

Lanjut Rion ia sangat menyesalkan apa yang telah dilakukan Gimin kepadanya. Sebagai kepala sekolah seharusnya tidak mesti marah - marah dan harus memberikan contoh yang baik.

Setelah kejadian itu, wartawan pun mencoba menjumpai Gimin dan mempertanyakan perihal kejadian tersebut.

Gimin menjelaskan bahwa ia juga berkecimpung di LSM  dan merupakan penasehat di salah satu LSM. Namun ia sepertinya tidak ingat apa nama kepanjangan LSM tersebut.

"Itu ruangan saya hak saya, gak boleh marah - marah seharusnya dia harus sabar. Kalau saya marah karena itu ruangan saya.  Dan saya bisa mengusir dia, saya bunuh pun dia disitu dan saya bilang membela diri, menang saya. Itulah kalau kaji buruknya," ujar Gimin 

Sambung Gimin pun menerangkan siapa - siapa saja yang bisa melakukan audit

"Yang berhak mengaudit itu adalah Inspektorat, BPKAD, KPK itu berhak, Jaksa aja tidak berhak dia mengaudit. Dia (Rion) tidak berhak mengetahui secara detil tetapi kalau ingin tau secara global penggunaan dana itu boleh. 

Kalau detil itu namanya mengaudit tapi kalau secara umum itu namanya informasi publik, " tambah Gimin

Gimin pun mengatakan dan menjelaskan apa saja yang membuatnya kesal hingga marah

"Tapi yang kesal dengan dia itu, dia seperti audit, gaya dia. Ini untuk apa? Itu untuk apa? Jadi saya tersinggung. Menanya pula uang ini kemana, gak ada hak dia,"  kesal Gimin .***