Menyantuni Anak Yatim

Rabu, 05 Mei 2021 - 23:00:56 WIB

Ustasz Drs Sulaiman Sahril sampaikan santapan rohani ramadahan Rabu (5/5/2021)

Laporan Hendri Zainuddin
Pekanbaru

MEMASUKI malam puasa ramadhan yang ke-24, jamaah yang datang ke Masjid Nurul Muhsinin masih cukup stabil dan tetap tinggi. 

Untuk kali, Rabu (5/5/2021)  santapan rohani ramadhan disampaikan ustadz Drs Sulaiman Sahril. 

Dalam ceramah yang disampaikan terkait menyantuni anak yatiim. Pada masa memasuki hari raya Idul Fitri nanti para pengurus masjid mesti melakukan pendataan yang benar keberadaan anak yatim terssbut. 

"Makanya lihat dan bantulah anak yatim. Karena banyak keistimewaan bagi orang yang selalu membantu anak yatim," ujar Sulaiman.

Terang Sulaiman,  banyak sekali keutamaan dan keungulungan jika manusia menyantuni anak yatim.

"Beruntunglah  sahabat semua yang gemar berbagi kepada anak yatim. Pasalnya Rasulullah akan mencintai orang yang berbuat baik dan gemar berbagi kepada anak yatim," ujar Sulaiman.

Selain itu menyantuni anak yatim juga memiliki keutaman-keutamaan lain.

Salah satu hal yang bisa di lakukan untuk lebih bersyukur kepada Allah SWT yaitu dengan melihat kebesarannya di muka bumi ini, banyak sekali orang yang Allah SWT uji dengan ujiannya. Maka kita akan merasa lebih bersyukur lagi karena tidak diberikan ujian oleh Allah  SWT dengan sesuatu hal yang tidak dinginkan.

"Kita melihat dan merasakan sendiri bagaimana anak-anak yatim itu senang ketika kita berikan sesuatu maka sifat kikir, dusta, iri dengki, dan penyakit hati lainnya akan hilang di hati kita
 Bahkan,  Allah SWT akan mencukupkan rezeki orang-orang yang gemar berbagi kepada anak-anak yatim," sebut Sulaiman.

Lanjut Sulaiman, bahw orang yang mencintai anak yatim akan mendapatkan keistimewaan tersendiri di hadapan Rasulullah. 


"Di dunia mereka akan diberikan kecukupan rezeki, ketenangan hati dan rasa syukur terhadap nikmat Allah SWT. Selain itu ia akan termasuk orang-orang yang beruntung, pasalnya ia akan dekat dengan Rasulullah dan orang yang dekat dengan kekasih Allah SWT kan dicintai pula oleh Allah  SWT
 Maka dari itu jangan sia-siakn anak yatim. Bantu dan beri makanlah kepada anak yatim, insyaalah Allah SWT  akan memberikan keberkahan dan kedamaian," tutur Sulaiman.

Tambah Sulaiman, siapa saja orang yang beriman lalu ia berbuat amal kebaikan maka Allah SWT akan memberikan rahmatnya, begitu pula dengan orang yang membantu orang lain maka Allah SWT akan membantu urusannya. Siapa lagi yang bisa memberikan pertolongan kecuali Allah SWT Maka beruntunglah orang yang beriman dan dia suka membantu saudaranya yang membutuhkan," pungkas Sulaiman.***