Pentingnya Menjaga Kebersihan, Inilah Penjelasan Ustadz Syahrianto

Jumat, 15 April 2022 - 22:50:32 WIB

Ustadz Syahrianto sampaijan santaoan rohani ramadan, Jumat (15/4/2022).

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--  Memasuki malam yang ke empat belas ramadan 1443 H, tepatnya Jumat (15/4/2022) ustad yang menyampaikan santapan rohani ramadan atau tausiah di Masjid Nurul Muhsinin Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai yakni ustadz Syahrianto Spdi. Dalam tausiahnya ustadz Syahrianto menyampaikan tentang pentingnya kebersihan.  Dalam islam bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman . Oleh karena itu, diharapkan setiap orang bisa mengingatnya dan menjaga kebersihan itu sendiri. Karena dalam islam juga diperintahkan oleh Nabi Muhamad SAW selalu menjaga kebersihan dalam kehidupan. 

Kebersihan, menurut bahasa, artinya kebersihan atau bersih dari berbagai kotoran, baik yang bersifat hissiyah (nyata), seperti najis berupa air seni dan yang selainnya, maupun yang bersifat maknawiyah, seperti aib dan perbuatan maksiat.Selain itu, dengan menjaga kebersihan tentu tubuh akan sehat dan terbebas dari penyakit.

"Ya kebersihan merupakan salah satu sarana dari berbagai sarana yang dianjurkan Islam dalam rangka memelihara dan menjaga kesehatan. Dimana sikap Islam terhadap kebersihan sangat jelas dan di dalamnya terdapat ibadah kepada Allah SWT. Contohnya sebelum salat kita bersuci dengan mengambil air wuduk, sehingga kita bersih untuk menghadap kepada Allah SWT," ujar Syahrianto. 

Dijelaskan Syahrianto, selain menjaga kebersihan lingkungan juga penting  menjaga kebersihan diri serta kebersihan hari. "Kita harus selalu menjaga  kebersihan diri. Namun, yang lebih penting juga menjaga kebersihan hati. Salah satu contohnya sebelum memasuki bulan puasa kemarin kita terlebih dahulu bersihkan hati, baik itu kepada keluarga, teman serta tetangga. Dengan begitu, jika hati bersih tentu amalan yang kita lakukan diterima Allah SWT," terang Syahrianto.

Pada momen bulan ramadan ini, Syahrianto mengharapkan kepada para jamaah supaya perbanyak melakukan ibadah. Dimana pada bulan ramadan ini bulan yang penuh ampunan dan keberkahan. "Laksanakan dan perbanyak amal ibadah dengan qiyamul lail, zikir membaca alquran serta amalan sunnah lainnya. 


Dengan begitu, tentu kita akan menjadi insan atau hamba yang bertaqwa setelah berakhirnya nya bulan ramadan nanti.Terlebih dalam bulan ramadan ini, kesempatan kita untuk mencari amal pahala, sehingga kita mendapatkan keberkahaan dan keridoaan Allah SWT, " tutur Syahrianto. ***