Starting XI Timnas Indonesia hadapi Filipina 4-3-3

Jumat, 13 Mei 2022 - 09:06:10 WIB

Formasi Timnas Indonesia

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Indonesia akan berjumpa Filipina pada matchday ketiga Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022) petang WIB. Pada duel yang dimainkan di Viet Tri Stadium tersebut, Indonesia wajib mendapatkan tiga poin. Saat ini, Indonesia berada di posisi keempat klasemen Grup A dengan raihan tiga poin. Sementara, Filipina punya empat poin dan berada di posisi kedua. Bedanya, Indonesia baru memainkan dua laga dan Filipina tiga kali bermain.Indonesia menang dengan skor 4-1 atas Timor Leste pada laga terakhirnya. Melawan tim yang sama, Filipina menang dengan skor 4-0. Filipina bermain imbang 0-0 melawan Vietnam, tim yang membantai Indonesia dengan skor 3-0.

Jika mampu meraih tiga poin, maka jalan Indonesia untuk lolos ke semifinal akan makin mulus. Skenario tiga poin itu juga akan mengubur mimpi Filipina untuk lolos ke semifinal. Sebab, laga melawan Indonesia menjadi duel terakhir Filipina di fase grup.Shin Tae-yong diprediksi meminta Timnas Indonesia akan tampil menyerang seperti saat berjumpa Timor Leste. Lantas, seperti apa perkiraan starting XI Garuda Muda pada laga melawan Filipina? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

Ernando Ari tampaknya akan menjadi pilihan utama. Sebab, dia menunjukkan aksi yang gemilang pada laga melawan Timor Leste. Kiper asal Persebaya Surabaya itu sukses mengagalkan penalti lawan, walau akhirnya kebobolan satu gol.Di sisi lain, sebenarnya masih ada Adi Satryo yang punya kemampuan bagus. Dia sangat piawai dalam duel bola-bola atas. Namun, kebobolan tiga gol pada laga kontra Vietnam membuat peluangnya tampil cukup kecil.


Asnawi Mangkualam dimainkan pada babak kedua saat Indonesia berjumpa Timor Leste. Asnawi bermain bagus dan memberi banyak opsi untuk lini serang. Asnawi mungkin akan memulai laga sejak menit awal dan Rio Fahmi duduk di bangku cadangan.

Duet Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho tampaknya sudah paten di posisi bek tengah. Pelan tapi pasti, performanya keduanya mulai padu. Mereka juga bisa menjadi opsi saat Indonesia menyerang dari set-piece.Bek kiri akan menjadi milih Alfeandra Dewangga. Jika dibanding Firza Andhika, Dewangga punya kemampuan bertahan lebih baik. Tapi, dia perlu memperbaiki kemampuan membantu serangan.


Marc Klok selalu menjadi pilihan utama pada dua laga yang dimainkan Timnas Indonesia. Performa Klok tidak buruk, tetapi belum optimal. Dia tampak masih belum mendapat ritme permainan terbaiknya.Peran Klok bisa digantikan Rachmat Irianto. Karakter keduanya hampir sama. Mereka punya kemampuan membaca serangan lawan dengan baik. Irianto sendiri absen di laga melawan Timor Leste karena tidak fit.Dua gelandang lain akan diisi Ricky Kambuaya dan Syahrian Abimanyu. Kambuaya belum menunjukkan aksi terbaiknya di SEA Games 2021. Jadi, ada juga kemungkinan perannya akan digantikan oleh Marselino Ferdinan.


Saddil Ramdani sudah pasti absen karena harus kembali ke klubnya. Padahal, Saddil bermain bagus pada duel melawan Timor Leste. Tanpa Saddil, Shin Tae-yong masih punya banyak opsi di lini depan.Witan Sulaeman tentu menjadi prioritas untuk dimainkan. Dia mencetak dua gol dan tampil bagus pada laga melawan Timor Leste. Egy Maulana juga masih akan jadi andalan dan dia mulai mendapatkan sentuhan terbaiknya.Satu posisi lain tampaknya masih akan diberikan pada Irfan Jauhari. Walau belum mencetak gol, Irfan terus dipercaya Shin Tae-yong. Tampaknya, daya juang dan karakter bermain Irfan sangat cocok dengan skema Shin Tae-yong.(Net/Hen)