Jumpa Thailand di Semifinal SEA Games 2021, Ini Starting XI Timnas Indonesia U-23

Kamis, 19 Mei 2022 - 09:09:33 WIB

Timnas Indonesia U-23 

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga krusial pada semifinal SEA Games 2021. Skuad asuhan Shin Tae-yong menantang Thailand pada laga yang digelar di Stadion Thien Truong, Kamis (19/5/2022) sore
WIB.Laga ini diprediksi bakal berlangsung sengit. Thailand dan Timnas Indonesia U-23 sama-sama tim yang produktif sepanjang babak penyisihan Grup SEA Games 2021.Thailand tercatat mencetak 12 gol, sedangkan Timnas U-23 membukukan 11 gol dari empat laga. Namun, Thailand punya catatan kebobolan yang lebih sedikit yakni dua dan Timnas U-23 kebobolan lima kali.Kedua tim diprediksi bakal menurunkan kekuatan terbaik untuk meraih kemenangan. Potensi laga yang sengit dan ketat diyakini membuat pertandingan bakal menarik.Lantas, bakal seperti apa kira-kira formasi Timnas Indonesia U-23 untuk mengalahkan Thailand di semifinal SEA Games 2021? Berikut ini prakiraan starter XI skuad Garuda Muda versi Bola.com.

Ernando Ari diprediksi belum tergantikan di posisi penjaga gawang Timnas Indonesia U-23. Ernando Ari sejauh ini kebobolan dua gol dan mampu mencatatkan sekali clean sheets.Ernado Ari punya kemampuan membaca arah bola yang baik. Selain itu refleks yang dimiliki kiper berusia 20 tahun itu cukup baik.Kemampuan tersebut sangat berguna untuk mengantisipasi serangan Thailand yang agresif. Namun, kemampuan Ernando Ari bakal diuji saat melakukan duel bola udara di mana Thailand punya pemain yang unggul dari segi postur tubuh.

Absennya Asnawi Mangkualam karena akumulasi kartu kuning bakal membuat Shin Tae-yong bakal mengandalkan Rio Fahmi di posisi bek sayap kanan. Penampilan Rio Fahmi berangsur membaik setelah melakukan banyak kesalahan pada laga pembuka melawan Vietnam.Sementara itu, di posisi bek tengah masih akan dihuni duet Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho. Sejauh ini, duet pemain tersebut mampu membuat lini pertahanan Timnas U-23 kukuh dan sukar ditembus.Adapun Alfeandra Dewangga bakal mengisi posisi bek sayap kiri. Alfeandra rajin membantu serangan dan berguna saat melakukan transisi serangan dari lini belakang.

Tak banyak perubahan yang diyakini terjadi di lini tengah. Marc Klok dan Syahrian Abimanyu masih jadi duo yang diandalkan di lini tengah.Sementara itu, Ricky Kambuaya akan dimainkan sebagai motor serangan untuk membantu lini depan. Kinerjanya bakal didukung oleh Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.Egy akan dimainkan di posisi sayap kiri, sedangkan Witan berperan di posisi sayap kanan. Pelatih Shin Tae-yong juga bisa mengandalkan Saddil Ramdani bila duet kedua pemain tersebut dirasa tak maksimal dalam membongkar lini pertahanan Thailand.


Irfan Jauhari belum juga mampu mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-23. Pada laga terakhir, Irfan Jauhari sebenarnya punya banyak peluang, namun gagal dimaksimalkan.Pelatih Shin Tae-yong saatnya memberikan kesempatan lagi pada Muhammad Ridwan. Seperti diketahui, Ridwan berhasil menyumbang satu gol pada laga melawan Filipina.Selain itu, Shin Tae-yong juga punya peluang menjadikan Ronaldo Kwateh sebagai penyerang. Skenario itu mungkin saja dilakukan bila penyerang yang dipercaya sebagai starter gagal memaksimalkan peran.(Net/Hen)


Prakiraan Formasi

Timnas Indonesia U-23 (4-3-2-1): Ernando Ari (kiper), Rio Fahmi, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga (belakang), Syahrian Abimanyu, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri (tengah), Muhammad Ridwan
(depan)

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)