AS Roma Digulung Real Betis 1-2

Jumat, 07 Oktober 2022 - 07:27:58 WIB

Bek tengah Real Betis, German Pezzella menjegal penyerang tengah AS Roma, Tammy Abraham pada pekan ke-3 Grup C Liga Europa 2022/2023, Jumat (7/10/2022) dini hari WIB. 

Bola.net --(KIBLATRIAU.COM)--AS Roma terpaksa menelan kekalahan atas Real Betis di di Stadio Olimpico, Jumat (7/10/2022) dini hari WIB. Roma kalah 1-2 dari Betis pada pekan ke-3 Grup C Liga Europa 2022/2023.Dari segi penguasaan bola, Roma memang kalah dominan dibandingkan tim tamu. Meski begitu, Roma berhasil membuka keunggulan lebih dulu di menit ke-34. Paulo Dybala mencetak gol via penalti setelah pemain Betis ada yang melakukan handball di kotak terlarang.

Betis berhasil menyamakan kedudukan sebelum babak pertama berakhir. Tendangan keras Guido Rodriguez dari luar kotak penalti di menit ke-41 membuat skor kembali sama kuat. Betis membalikkan keadaan di menit ke-87 melalui sundulan Luiz Henrique.Kemenangan ini membuat Betis kokoh di puncak klasemen sementara dengan sembilan poin dari tiga laga. Sebaliknya, Roma berada dalam keadaan bahaya karena baru mengumpulkan tiga poin dan sudah kalah dua kali, sehingga tertahan di peringkat ke-3.


Roma punya peluang sangat bagus di menit ke-3 saat Nicolo Zaniolo satu lawan satu dengan bek tengah Betis, German Pezzella. Namun arah larinya terhadang oleh tubuh Pezzella. Wasit melihat itu tidak sebagai sebuah pelanggaran.Di menit ke-12 giliran Betis yang mengancam. Kali ini Nabil Fekir melakukan tendangan berbahaya ke tiang dekat. Sayangnya tendangannya itu masih menyamping dari gawang Roma.Betis kemudian kehilangan pemain pentingnya itu di menit ke-22. Fekir terpaksa ditarik keluar dan digantikan oleh Luiz Henrique lantaran menderita cedera.

Serangan tanpa henti yang dibangun Roma akhirnya berbuah manis di menit ke-34. Wasit memberikan penalti setelah melakukan pengecekan VAR dan terdapat ada handball dari pemain Betis. Dybala yang maju sebagai algojo sukses menunaikan tugasnya
Betis punya kesempatan emas menyamakan kedudukan di menit ke-37. Henrique yang baru masuk menebar ancaman dengan tendangan kaki kirinya dari dalam kotak penalti. Namun, tendangannya terlalu lemah untuk diantisipasi oleh kiper Rui Patricio.

Henrique kembali beraksi. Ia memberikan umpan kepada Guido Rodriguez dan diselesaikan lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang bersarang ke gawang Roma di menit ke-41.Roma punya dua peluang emas di menit ke-45. Peluang pertama hadir lewat tembakan Nicolo Zaniolo usai menerima umpan silang, yang sayangnya masih membentur mistar. Gelombang serangan Roma berlanjut. Kali ini Dybala melakukan eksekusi tendangan voli dari luar kotak penalti, namun bisa diselamatkan secara akrobatik oleh kiper Claudio Bravo.


Roma nyaris saja unggul saat memasuki menit 50. Bryan Cristante melakukan tendangan voli dari jarak yang sangat dekat, namun arahnya tepat di posisi Claudio Bravo.Pertengahan babak kedua masing-masing tim silih berganti menyerang, namun tidak satupun berakhir dengan penciptaan peluang emas. Serangan dari Roma dan Betis kerap kali terhenti ketika akan memasuki kotak penalti.Tempo yang sangat cepat tidak diimbangi dengan intensitas tinggi para pemain. Alhasil dalam setiap situasi transisi positif cepat, tim yang menyerang selalu dalam posisi kalah jumlah dengan tim yang bertahan.

Sementara itu, Betis memiliki skema serangan yang sangat rapi di menit ke-63. Bola bergerak cepat dari kaki ke kaki untuk membongkar pertahanan Roma di kotak penalti. Namun, fase serangan itu berakhir sia-sia setelah tendangan Sergi Canales tidak tepat sasaran.Seiring dengan berjalannya waktu, intensitas permainan jadi semakin berkurang. Kesalahan-kesalahan dari kedua tim lebih sering dilakukan sehingga kualitas serangan sangat buruk.Namun, di saat pertandingan tampak akan berakhir imbang, Betis justru mencetak gol untuk membalikkan keadaan. Henrique dengan sundulannya mampu menaklukkan kiper Rui di menit ke-87.Nestapa Roma kembali bertambah di menit ke-90+3. Nicolo Zaniolo melakukan pelanggaran yang tak perlu sehingga diganjar kartu merah langsung oleh wasit.(Net/Hen)


Susunan Pemain

AS Roma (5-3-2): Rui Patricio; Zeki Celik (Leonardo Spinazzola 5’), Gianluca Mancini, Chris Smalling, Roger Ibanez, Nicola Zalewski; Bryan Cristante (M Mady Camara 80’), Paulo Dybala (Stephan El Shaarawy 80’), Nemanja Matic; Tammy Abraham (Andrea Belotti 73’) , Nicolo Zaniolo.
Pelatih: Jose Mourinho

Real Betis (4-2-3-1): Claudio Bravo; Aitor Ruibal, German Pezzella, Luiz Felipe, Juan Miranda (Alex Moreno 75’); Guido Rodriguez, Andres Guardado (William Carvalho 75’); Sergio Canales, Nabil Fekir (Luiz Henrique 22’), Joaquin (Rodri 60’); Willian Jose (Borja Iglesias 75’).
Pelatih: Manuel Pellegrini