Dosen Fasilkom Unilak Laksanakan Pembuatan Website di SMK Migas Inovasi Riau

Ahad, 22 Januari 2023 - 19:42:37 WIB

Para Dosen Fasilkom Unilak dan peserta foto bersama dalam kegiatan Pembuatan Website di SMK Migas Inovasi Riau kemarin

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban manusia, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga semakin maju. Dimana aksesibilitas akses internet di banyak tempat di dunia membuat era globalisasi terasa sangat nyata. Negara-negara berkembang yang terkadang dianggap tertinggal dan terbelakang, sebenarnya lebih cepat beradaptasi dengan pertumbuhan TIK.Kemajuan teknologi dan komunikasi yang pesat telah mendorong lahirnya media baru berupa internet yang melahirkan berbagai inisiatif berbasis teknologi seperti e-government, e-business, e-education, e-banking dan lain-lain selain itu kemajuan teknologi informasi juga merambah masuk ke duani pendidikan dan hal ini dapat diamati di berbagai organisasi maupun bisnis yang menggunakan teknologi informasi berbasis web.

Di era digital setiap orang harus didorong agar bisa meningkatkan tingkat kompetensi diri mereka, terutama di bidang teknologi karena praktis apa saja bisa dilakukan di rumah di era digital modern ini. Salah satu keterampilan yang menjanjikan untuk meningkatkan kompetensi diri adalah coding.(Republika, 2022). Minat untuk belajar koding juga terus meningkat dikalangan siswa sekolah khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan. Hal ini terlihat dari hasil survei terhadap 1.000 siswa SMK yang menerima kelas coding dari Samsung Innovation Campus serta kelas pengembangan produk IoT. Menurut survei tersebut, 68,6 persen responden memilih mengikuti program SIC karena ingin sekali belajar tentang coding, programming, Internet of Things, dan kecerdasan buatan.(Suara, 2022).

Untuk meningkatkan pengetahuan siswa terhadap coding khususnya pada pemrograman web, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan website di SMK Migas Inovasi Riau. Kegiatan yang ditaja dalam bentuk pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 19 Januari  2023 diikuti oleh 20 orang siswa kelas X. Dalam kegiatan ini tim dosen terdiri dari DR. Fajrizal, M.Kom, Taslim, M.Kom dan Susi Handayani, M.Kom,sedang mahasiswa yaitu Taufik Hidayah, Dicky Surya dan Rofi. 

Ketua tim pengabdian DR. Fajrizal, M.Kom mengucapkan puji syukur dan terima kasih atas lancarnya program pengabdian kepada masyarakat ini serta antusias peserta yang terlibat dalam program pengabdian kepada masyarakat ini.''Kita berharap agar ilmu pengetahuan yang diberikan dapat memberi nilai positif kepada sekolah menengah kejuruan (SMK) Migas Inovasi Riau,'' tutur Fajrizal. Kepala sekolah menengah kejuruan (SMK) migas inovasi Riau Syahmian, SE, MM mengucapkan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa dari fakultas ilmu komputer Universitas Lancang Kuning atas terlaksananya program pengabdian ini di sekolah.'''Kedepannya program-program pengabdian ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,'' tuturnya. ***