Kendaraan Dajjal di Bumi Mengelilingi Dunia, Mirip Piring Terbang

Senin, 23 Januari 2023 - 07:39:07 WIB

Ilustrasi kendaraan dajjal

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Dajjal si pembawa kesesatan dikatakan akan mendatangi seluruh tempat di muka bumi kecuali Makkah dan Madinah, dalam waktu yang singkat. Lantas, kendaraan apa yang akan dipakainya nanti untuk menjelajah bumi?.Sebelumnya Nabi SAW telah menginformasikan bahwa Dajjal akan menginjakkan kaki di setiap sudut permukaan bumi, selain beberapa lokasi. Dalam haditsnya dari Samurah bin Jundub, beliau berkata:


????????? ?????????? ????? ????????? ??????? ?????? ????????????? ???????? ???????????

Artinya: "Dan dia akan muncul di muka bumi seluruhnya, kecuali dua tempat suci (Makkah dan Madinah) serta Baitul-Maqdis." (HR Bukhari, Ahmad, & Tirmidzi)


Kemudian pada sabda lainnya, Rasulullah turut mengabarkan tentang durasi Dajjal di bumi. Menukil dari buku Tanda-Tanda Kiamat: Tanda-Tanda Besar oleh Mahir Ahmad Ash-Shufiy, an-Nuwas bin Sam'an meriwayatkan, ia berkata bahwa para sahabat bertanya kepada beliau, 'Wahai Rasulullah, berapa lama Dajjal di muka bumi?'Nabi SAW bersabda: "Empat puluh hari. Satu hari seolah selama setahun, satu hari seolah selama sebulan, satu hari seolah selama sepekan, padahal lama semua hari sama seperti lamanya hari-hari kalian saat ini."


Sahabat bertanya lagi, 'Pada hari yang seolah setahun itu, apakah kami cukup mendirikan sholat untuk satu hari, ya Rasul?' Beliau menjawab, "Tidak. Perkirakanlah sesuai dengan kadarnya." (HR Muslim)


Meskipun aksi Dajjal terbilang selama empat puluh hari, tetapi ia adalah makhluk pendusta yang berbahaya. Ia disebut sebagai fitnah terbesar dan terberat bagi umat manusia. Ia tak kenal lelah untuk membawa orang-orang kepada kesesatan. Sehingga umat Islam hendaklah mewaspadainya dan selalu berdoa kepada Allah SWT untuk memohon perlindungan.

Kendaraan Dajjal di Bumi


Mengenai transportasi Dajjal, Nabi SAW memberi tahu bahwa ia akan menaiki seekor keledai aqmar. Tapi Manshur Abdul Hakim dalam buku buku Kiamat: Tanda-tandanya Menurut Islam, Kristen, dan Yahudi, menyebut bila kendaraan Dajjal diibaratkan dengan binatang ini karena pada masa Rasul tak ada sarana selain kuda, keledai, dan unta.


Di mana dalam haditsnya, beliau bersabda:


?????? ??????? ?????????? ?????? ????????? ?????????? ??????????? ????????

Artinya: "Dajjal menunggang se ekor keledai aqmar. Jarak antara kedua telinga keledai itu adalah empat puluh hasta." (HR Ahmad & Hakim)


Manshur Abdul Hakim menambahkan, satu hasta sama dengan lima puluh lima sentimeter. Kemudian bila dikalikan, 40 x 55 cm, hasilnya bisa lebih dari 20 meter. Maka binatang yang dinaiki oleh Dajjal ini bukan keledai biasa.


Manshur Abdul Hakim lanjut berpendapat lagi dalam bukunya, pada hadits ini Nabi SAW coba menggambarkan kendaraan lebih modern, yang lebih cepat dan mirip piring terbang berbentuk bulat.


Dikatakan transportasi berwujud bundar karena keledainya disifati aqmar, yakni bulan yang berwarna putih, kata ini juga menunjukkan bentuknya yang bulat. Sehingga analogi piring terbang dirasa cocok untuk membayangkan kendaraan Dajjal kelak sesuai hadits tersebut.


Di samping itu, kendaraan piring terbang juga digadang-gadang punya teknologi pergerakan cepat, sebagaimana laju aksi Dajjal yang bagaikan awan dengan hembusan angin. Rasulullah katakan itu dalam haditsnya dari an-Nuwas bin Sam'an:


??????????? ??????????????? ????????

Artinya: "Seperti awan yang diikuti angin." (HR Muslim)


Wallahu a'lam.