Tiga Poin Dibutuhkan

Kamis, 26 Januari 2023 - 07:01:48 WIB

Liga 1 - PSS Sleman Vs Arema FC

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- PSS Sleman baru saja meraih kemenangan di kandang pada putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023. Klub berjulukan Super Elang Jawa itu menang 2-0 atas RANS Nusantara FC di Stadion Maguwoharjo, Sabtu
(21/1/2023).Nah, hasil positif itu ingin dilanjutkan PSS Sleman saat menjamu Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Kamis (26/1/2023) pukul 16.00 WIB. Tambahan tiga poin dibutuhkan Tim Elang Jawa demi mendongkrak posisi di klasemen Liga 1.
Saat ini, PSS Sleman menempati peringkat 15 klasemen sementara dengan raihan 19 poin hasil dari 19 pertandingan. Perinciannya meraih lima kemenangan, empat hasil imbang, dan 10 kekalahan.

Sementara itu, Arema FC ada di posisi sembilan dengan 26 poin. Hasil itu didapat dari delapan kemenangan, dua hasil imbang, dan delapan kekalahan.Lantas, bagaimana persiapan PSS Sleman jelang laga nanti?"Persiapan tim dengan waktu yang ada kami coba mengembalikan kebugaran pemain dan sedikit menjaga sentuhan seperti itu," ujar pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, dalam pre-match press conference, Rabu (25/1/2023) pagi."Sebelumnya tim bermain dengan oke sedikit enjoy walaupun ada banyak kekurangan tetapi kami coba perbaiki," lanjutnya.

 
Arema FC memang tengah dinaungi tren minor pada tiga laga terakhir. Teranyar, mereka takluk dari PSIS Semarang dengan skor 0-1 di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (21/1/2023).Meski begitu, kata Seto, Arema tetaplah tim kuat yang dihuni sederet pemain mumpuni. Pelatih asal Kalasan, Sleman itu mengingatkan anak asuhnya untuk tidak meremehkan sang calon lawan.Seto juga tidak menganggap rentetan hasil jeblok yang didapat Arema FC sebagai sebuah keuntungan. Malah sebaliknya, hal itu jadi warning tersendiri bagi PSS Sleman."Saya pikir bukan untung rugi ya, mereka juga dengan kekalahan kemarin tentunya ingin curi poin di sini, karena mereka juga punya target dan kualitas. Bukan untung atau ruginya, Arema setelah lawan PSIS tentunya fokus lawan PSS jadi mereka akan fighting," ucap Seto."Lawan Arema FC besok tentunya dengan tipikal yang berbeda dan kualitas yang berbeda, tetapi saya bilang setiap pertandingan adalah ujian bukan hanya Arema tetapi pertandingan berikutnya juga ujian," sambungnya.


Menghadapi Tim Singo Edan, PSS Sleman dipastikan tidak berkekuatan penuh. Seto mengonfirmasi ada sejumlah pemain tidak dalam kondisi bugar. Termasuk kapten tim Bagus Nirwanto."Besok ada beberapa pemain yang cedera, Bagus Munyeng, Rifky,Purwaka dan lainnya ada beberapa pantauan masih dilihat tetapi saya pikir tidak begitu masalah," beber pelatih berlisensi AFC Pro tersebut."Yang paling penting fokus dari pemain artinya kita main home lagi, poin tiga penting dan harus kita raih bagaimanapun juga. Apalagi papan bawah sudah mulai bergeliat jadi yang bisa menentukan adalah diri kita sendiri, harapannya besok fighting spiritnya lebih ditingkatkan," tegasnya.

 
Laskar Sembada mendatangkan enam pemain pada bursa transfer paruh musim Liga 1. Mereka adalah Jonathan Cantillana, Kevin Gomes, Ricky Cawor, Haris Tuharea, Rachmad Hidayat, dan Yevhen Bokhashvili.Tiga nama terakhir telah melakukan
debutnya bersama Elang Jawa. Rachmad dimainkan saat bersua PSM Makassar. Sedangkan Yevhan dan Haris diturunkan melawan RANS Nusantara FC. Yevhen bahkan sukses mencetak gol perdana untuk PSS musim ini.Nah, dalam duel melawan Arema FC kemungkinan akan menjadi debut Jonathan Cantillana, Ricky Cawor, dan Kevin Gomes."Saat ini ada penambahan pemain tetapi belum semuanya bisa turun mungkin kita tunggu administrasi dari manajemen. Mudah-mudahan semakin komplet dan kami semakin banyak pilihan," harap Seto Nurdiyantoro.

 
Pelatih Arema FC Javier Roca menegaskan timnya siap menatap laga pekan ke-20 ini. Mencuri poin dari PSS Sleman tentu menjadi target Tim Singo Edan demi memutus rentetan hasil buruk di Liga 1.Segala kekurangan sudah diperbaiki pasca-kekalahan kontra PSIS. Eks pelatih Persik Kediri itu mengaku memanfaatkan waktu yang ada untuk menyiapkan timnya sebaik mungkin."Dalam empat hari kami harus siapkan diri untuk menghadapi satu laga lagi, menghadapi PSS Sleman. Seperti biasa, kami akan siapkan strategi untuk menghadapi pertandingan tersebut," tutur Roca.Yang pasti, pelatih asal Chile itu berharap tiga poin bisa menjadi milik Tim Singo Edan. Jika menilik data lima pertemuan terakhir, kedua tim sebetulnya punya statistik yang berimbang.Masing-masing kesebelasan telah meraih dua kali kemenangan. Adapun sisanya berakhir dengan hasil seri.(Net/Hen)


 Susunan Pemain 

PSS Sleman (4-3-3): M. Ridwan (g); Ibrahim Sanjaya, Marckho Meraudje, Dedi Gusmawan, Derry Rachman Noor; Jihad Ayoub, Kim Jeffrey Kurniawan (c), Jonathan Cantillana; Irkham Zahrul Mila, Yevhen Bokhashvili, Todd Ferre

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Arema FC (4-4-2): Adilson Maringa (g), Rizky Febrianto, Sergio Silva, Bagas Adi, Johan Farizi (c); Arkhan Fikri, Renshi Yamaguchi, Evan Dimas, Jayus Hariono; Abel Camara, Dedik Setiawan

Pelatih: Javier Roca

Prediksi Bola.com: 55-45

Kamis, 26 Januari 2023

Venue: Stadion Maguwoharjo, Sleman

Kick-off 16.00 WIB.