Ambisi Mengejar Saudara Tua

Sabtu, 18 Maret 2023 - 07:18:52 WIB

Bek Persebaya Surabaya, Leo Lelis, berhadapan dengan pemain Persik Kediri saat bertanding pada BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/12/2022). 

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Persik Kediri akan menutup derbi Jatim musim ini dengan menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Brawijaya, Kediri pada laga pekan ke-31 BRI Liga 1, Sabtu (18/3/2023).Posisi Persik di klasemen sementara BRI Liga 1 masih di papan bawah. Mereka kini menghuni urutan ke-15 dengan nilai 32, unggul satu angka atas Barito Putera di peringkat 16 atau batas akhir zona degradasi.Bagi Persik Kediri, duel melawan Persebaya Surabaya merupakan laga ke-30 di BRI Liga 1 musim ini. Sementara itu, Persebaya terpaku di peringkat delapan dengan 39 poin dari 27 pertandingan.Pertemuan antara Persik dengan Persebaya selalu menarik. Kedua tim ini memiliki ikatan persaudaraan sangat harmonis. Persebaya yang berdiri pada 1927, ibarat kakak bagi Persik yang lahir pada 1930.

 
Dengan perbedaan angka di klasemen, Tim Macan Putih sangat berambisi mengejar perolehan poin milik saudara tuanya, Tim Bajul Ijo. Kemenangan bakal mendongkrak posisi Persik di klasemen.Dua tim legendaris eks Perserikatan, Persib Bandung dan Persija Jakarta telah ditaklukkan Arthur Irawan dkk. Kini tinggal Persebaya Surabaya yang menunggu giliran untuk dijinakkan"Meski tren kami naik, tetapi posisi kami belum benar-benar aman. Kami telah melalui ujian berat melawan tim-tim besar," kata Arthur Irawan, kapten Persik Kediri."Jika Persib dan Persija bisa dikalahkan, kami harus yakin bisa mengalahkan Persebaya," lanjutnya.

 Duel ini juga pertemuan dua pelatih yang sama-sama pernah memoles Persik dan Persebaya di era berbeda. Arsitek Persik, Divaldo Alves, sempat jadi idola Bonekmania ketika membesut Persebaya 1927 di Liga Primer Indonesia (LPI).Di sisi lain, Aji Santoso mengawali karier sebagai pelatih profesional dengan menyelamatkan Persik Kediri dari keruntuhan pada 2009. Kini keduanya mengusung misi masing-masing di klub yang diasuhnya.Sebagai tuan rumah, Divaldo Alves tentu tak ingin menanggung malu. Dia telah menyiapkan skuad dan strategi terbaik untuk duel ini.

"Setelah melewati enam pertandingan dengan kemenangan, saya lihat mental pemain makin kuat. Kinerja tim juga kian solid. Semua pemain bisa turun untuk melawan Persebaya. Kami butuh kemenangan lagi agar bisa aman," katanya.Persik mendapat tambahan tiga tenaga baru yakni Sutan Zico, Rendy Juliansyah, dan kiper Geril Kapoh yang gagal lolos seleksi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Artinya, Divaldo Alves makin banyak opsi di lini depan.Sementara itu, kubu Persebaya sedikit terguncang akibat rumor kepindahan Rizky Ridho dan Koko Ary ke Persija. Kendati begitu, Aji Santoso bakal mampu menampilkan tim tangguh untuk meladeni Persik.

Fakta permainan oke Persebaya saat ditahan Persib sebagai bukti Aji Santoso merupakan sosok pelatih yang cerdas, dan mampu mengatasi problem timnya.Aji Santoso juga menyadari kebangkitan Persik yang haus kemenangan untuk mentas dari papan merah."Tren Persik sangat positif jelang akhir musim ini. Selisih poin kami juga tak begitu lebar. Jadi kedua tim pasti ingin meraih hasil maksimal di laga nanti," ujar Aji Santoso.(Net/Hen)

 


 Susunan Pemain:

Persik Kediri (4-4-2) - Kurniawan Kartika Ajie (kiper), Agil Munawar, Al Hamra Hehanusa, Anderson Nascimento, Yusuf Meilana (B), Miftahul Hamdi, Rohit Chand, Bayu Otto, Faris Aditama (T), Flavio Silva, Renan Silva (D)

Pelatih: Divaldo Alves (Portugal)

Persebaya Surabaya (4-2-3-1) - Ernando Ari (kiper), Catur Pamungkas, Leo Lelis, Rizky Ridho, Alta Ballah (B), Alwi Slamat, M. Hidayat, Ze Valente, Sho Yamamoto, Michael Rumere (T), Paulo Victor (D).

Pelatih: Aji Santoso