Jaga Kualitas Ibadah di Era Digital

Jumat, 31 Maret 2023 - 16:28:26 WIB

Ustadz Agus Yunus Nur saat sampaikan khutbah di Masjid Nurul Muhsinin Jumat (31/3/2023)

Laporan : Sharhan Asad Almawarid

Pekanbaru



     BERTEMPAT di Masjid Nurul Muhsinin di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Narat, Kecamatan Marpoyan bahwa pada khutbah Jumat (31/3/2023) ustadz yang memberikan ceramah agama yakni ustadz Agus Nur Yusuf. Dalam tausiah singkat itu, ustadz Agus Nur menyampaikan tema menjaga kualitas ibadah di era digital. Dimana saat ini, perkembangan golbal semakin canggih, sehingga sering membuat  setiap hamba menjadi lalai.

Dipaparkan Agus Nur, bahwa untuk kali ini mengingatkan kepada kita semua untuk meningkatkan kualitas puasa Ramadhan di tengah perkembangan era digital yang terjadi saat ini.  "Kita diingatkan untuk dapat memaksimalkan manfaat yang ada dari perkembangan ilmu dan teknologi sekaligus menghindari hal-hal negatif yang muncul seiring dengan perkembangan tersebut.

Kemudahan yang ada, tidak boleh melenakan kita sehingga puasa kita hanya sebatas menahan lapar dan dahaga saja. Namun, apa yang kita kerjakan istiqomah dengan ketaatan kepada Allah SWT, sehingga di momen bulan ramadhan ini semua amal  bernilai ibadah dan diterima oleh Allah SWT," ujar Agus Yusuf.

Sambung Agus Yusuf, selain itu sebagai seorang muslim, tentunya kita sudah bersaksi dengan 2 kalimat syahadat. Tak hanya melafalkannya, agar seseorang dapat terus istiqomah dalam ibadah, hendaknya ia juga memahami makna dari syahadat tersebut. 

"Dalam syahadat dijelaskan bahwa kita bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad adalah Rasulullah. Kesaksian kita sebagai muslim menjadikan kita memiliki konsekuensi taat atas aturan dan larangan Allah SWT. Salah satunya dengan istiqomah dalam beribadah. Dengan begitu, semua apa yang kita lakukan diganjar Allah SWT dan dimasukkan ke dalam surga amin ya rabbal alamin," sebut Agus Yusuf. ***