SMPN 25 Laksanakan Acara Perpisahan, Begini kata Kadisdik

Rabu, 24 Mei 2023 - 17:31:03 WIB

Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 25 Pekanbaru gelar acara perpisahan, Rqbu (24/5^2023)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 25 Pekanbaru yang berada di Kelurahan Perhentian Marpoyan, Kecamatan Marpoyan Damai Rabu, (24/5/2023) melaksanakan  acara pelepasan atau perpisahan kelas IX TP 2022/2023.

Kegiatan yang bertempat di halaman sekolah tersebut dihadiri, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Dr.H.Abdul Jamal, M.Pd, Kepala sekolah (Kepsek) SMPN 25, Dr.H.Asbullah M.Pd, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah, Ketua LPM, Ketua Komite serta beberapa kepala sekolah serta para wali murid.

Pada kesepatan tersebut, Kepsek SMPN 25 Dr.H. Asbullah M.Pd menyampaikan hal yang penting terkait pelaksanaan pelepasan/ perpisahan angkatan tahun 202-2023 siswa dan siswi.

Pelaksanaan perpisahan ada beberapa item kegiatan yang menjadi kegiatan utama, yakni penyampaian informasi terkait beberapa sekolah yang ada d Kota Pekanbaru oleh Kadisdik Dr. H. Abdul Jamal M.Pd, terutama tingkat dan prestasi.

Salah satunya SMPN 25 Pekanbaru, merupakan tingkat terbaik dalam pelaksanaan kurikulum pendidikan sesuai dengan Standart operating procedur (SOP) yang telah ditentukan Disdik Kota Pekanbaru. Dikatakan Asbulah, terkait antisipasi kegiatan yang tidak menguntungkan, bahkan banyak kerugian yang didapat siswa maupun siswi, jauh hari bahkan rapat penting menjelang pelaksanaan perpisahan sudah disampaikan.

Seperti halnya, kegiatan coret baju dan kompoi bersepeda motor, sudah diberitahukan kepada semua murid bahkan orang tua wali murid dan ketua Komite.

"Kita sudah sampaikan hal penting terkait apa yang sudah menjadi kebiasaan sekolah saat pengumuman kelulusan maupun pelaksanaan perpisahan. Antisipasi utama yakni pengumuman melalui sarana online yang mana siswa tidak langi berkumpul melihat nilai atau kelulusan tersebut," ungkap Asbulah.

Kemudian sambung Asbulah, masalah kelanjutan jenjang pendidikan, pihak Disdik maupun sekolah sudah membuka dan merekomendasikan link patner ke Sekolah Menegah Atas (SMAN) terdekat.

Tujuan kerjasama atau link patner ini, untuk memudahkan para wali murid memasukkan anaknya sekolah yang berjumlah 49 sekolah negeri  dan swasta 107.

"Link patner ini, kami sajikan sebagai bentuk senegeritas yang dapat memudahkan orang tua untuk memasukkan anaknya dan menghindari hal putus sekolah," paparnya.

Sedangkan Kadisdik kota Pekanbaru. Dr.H.Abdul Jamal, M.Pd menyampaikan keterbukaan informasi pendidikan menjadi proges utama untuk menyelamatkan anak generasi muda dalam menimba ilmu pengetahuan.

"Oleh karenanya, kami sebagai wadah kontrolisasi mengenai sistim pendidikan selalu mengedepankan ketebukaan informasi dan berkerjasama dengan pihak terkait," sebut Jamal.

Mengenai pesan moral terhadap kegiatan pelaksanaan kegiatan perpisahan sekolah, juga jauh hari diinfokan, agar tidak melakukan kegiatan yang berbau euforia semata yang berujung merugikan banyak pihak.

"Saya berharap, apa yang sudah dikerjasama untuk kelangsungan sistim pendidikan, menjadi terbaik untuk kemajuan negeri ini, Saya ucap selamat kepada siswa maupun siswi yang sudah menamatkan jenjang pendidikan SMP-nya dan teruslah memperdalam ilmu ke jenjang sekolah yang lebih tinggi berikutnya," tutur Jamal. (Bz)