Begini Tips Jemaah Lansia Tetap Sehat dan Bugar

Kamis, 25 Mei 2023 - 07:47:30 WIB

Masjid Nabawi

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Pada hari  Rabu 24 Mei 2023, sebanyak 16 kelompok terbang (kloter) jemaah haji dari berbagai embarkasi tiba di Madinah. Mereka akan berada di Madinah selama 9 hari.Jemaah gelombang pertama ini akan melaksanakan rangkaian salat 40 waktu di Masjid Nabawi atau yang dikenal dengan Arbain. Meski rata-rata jarak hotel di Madinah tidak terlalu jauh, banyak jemaah lanjut usia yang diimbau tidak memaksakan diri.Dengan mengurangi potensi kelelahan, para jemaah bisa menjaga kondisi kesehatan hingga pelaksanaan wukuf di Arafah."Alhamdulillah, tim kesehatan sudah siap menyambut jemaah haji di mana kami telah menyiapkan klinik kesehatan KKHI serta ada juga layanan-layanan di sektor," ujar Kasie Penghubung Kesehatan Daker Madinah Dokter Desnita, Senin (22/5/2023).

Ada juga tim sanitasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang akan melakukan pengecekan ke hotel, makanan, serta maktab di mana jemaah tinggal."Dilihat nanti bagaimana keadaanya, lingkungannya, apakah sudah memenuhi syarat-syarat kesehatan. Diharapkan saat jemaah haji datang sudah siap dan keadaan kamar jemaah sudah sesuai dengan standar kesehatan," katanya.Selama musim haji, tenaga kesehatan seperti perawat, dokter umum dan dokter spesialis disiagakan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).Kepada jemaah haji, Desnita berpesan agar tak lupa membawa obat-obatan pribadi. Karena untuk penyakit-penyakit tertentu belum tentu sesuai dengan stok obat yang dimiliki tim kesehatan.

"Jadi diharapkan jemaah sudah siap obat-obatan khusus pribadi, terutama penyakit-penyakit khusus seperti asma, hipertensi dan penyakit jantung," ujarnya."Sebaiknya kita menilai kesehatan masing-masing jangan dipaksakan," sarannya.Bagi para jemaah lansia, Desnita membagikan tips agar tetap sehat dan bugar saat tiba di Arab Saudi:(Net/Hen)

1. Jemaah haji khususnya lansia sebelum berangkat sebaiknya jangan banyak aktivitas.

BACA JUGA:
Memudahkan Jemaah Haji, Kursi Roda Hingga Tak Perlu Angkut Koper
390 Jemaah Haji Indonesia Kloter 1 Tiba di Madinah
2. Istirahat yang cukup. Selama di penerbangan disarankan untuk tidur yang cukup karena setelah nanti kedatangan atau tiba di Arab Saudi akan padat kegiatan ibadah.

3. Jemaah lansia sebaiknya mengutamakan ibadah haji yang wajib dulu. Usahakan istirahat terlebih dahulu baru melakukan umrah. Demikian juga untuk jemaah yang melakukan arbain.

4. Jemaah haji lansia jangan lupa minum air karena cuaca di Arab Saudi saat ini sedang panas.