Sekdaprov Riau Himbau Pembangunan SMKN 02 Balam Jaya Harus sesuai Kebutuhan Masyarakat

Kamis, 12 September 2024 - 09:33:13 WIB

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF

ROKAN HILIR--(KIBLATRIAU.COM)-- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berencana untuk membangun Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 02 Balam Jaya yang berlokasi di Jalan Lintas Riau - Sumatera Utara.Nantinya, SMKN tersebut akan dibangun diatas tanah hibah yang diberikan oleh masyarakat Penghulu Balam Jaya, Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dengan luas 60 x 200 meter persegi.Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Rohil, Dinas Pendidikan, dan pihak-pihak terkait lainnya agar nantinya dalam pembangunan SMKN tersebut untuk dapat dipersiapkan dengan matang.''Jangan hanya mengejar cepat pembangunan saja namun ini (Program kejuruan) perlu kita persiapkan dengan matang dan harus sesuai kebutuhan masyarakat,'' ujar SF Hariyanto pada kegiatan penyerahan hibah tanah dari masyarakat Balam Jaya kepada Pemprov Riau. Rabu, (11/9/2024).

Pada kesempatan tersebut Sekda menginstruksikan kepada Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau agar membuat perencanaan dan kajian mengenai jurusan dan program apa yang sebaiknya diadakan pada SMKN 02 Balam Jaya nantinya.''Kita harus melihat jenis SMK apa yang kita butuhkan, apakah SMK pelayarankah, kejuruan teknikkah atau yang lainnya. Jangan kebutuhan masyarakat apa yang kita bangun apa,'' tegas SF Hariyanto.

Selain itu menurutnya, penting pula mengembangkan SMKN tersebut menjadi SMK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), hal tersebut guna mendorong produktivitas kegiatan teaching factory (Tefa) dan project based learning (PBL) di SMK sehingga dapat melahirkan berbagai produk bernilai jual tinggi.''Ini (SMKN) tolong dibuatkan menjadi BLUD. Sehingga nanti SMKN ini bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan. Sehingga anak-anak yang lulus dari SMK ini sudah siap masuk ke dunia kerja atau dapat membuka usahanya sendiri,'' tutur SF Hariyanto.***