Sekdako Pekanbaru : Ditargetkan Selesai Tahun 2026

Jumat, 25 Oktober 2024 - 13:37:32 WIB

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Saat ini,  PT Hutama Karya infrastruktur (HKI) tengah mengerjakan proyek ke ruas Rengat Pekanbaru khususnya seksi lingkar Pekanbaru sepanjang 30,57 KM,l. pembangunan yang dimulai sejak Juni 2023 ini ditargetkan selesai pada tahun 2026.

Tol Lingkar Pekanbaru akan dilengkapi dengan tiga Gerbang Tol (GT) dan Interchange (IC) yakni GT dan IC Rimbo Panjang siap serta Bypass Pekanbaru GT dan IC Rimbo Panjang akan menjadi akses utama bagi warga Rimbo Panjang untuk keluar dan masuk Tol Lingkar Pekanbaru, sementara GT dan IC siap akan menjadi akses bagi wilayah Sri Meranti GT dan IC Bypass Pekanbaru akan melayani masyarakat Muara Fajar

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, ST. M,Si menjelaskan bahwa tol ini juga akan memiliki Junction Rimbo atau Junction Pekanbaru yang akan menghubungkan tol Pekanbaru Bangkinang dengan Tol Lingkar Pekanbaru.

"HKI juga merencanakan pembangunan 2 rest area seluas total 12 hektar yang saat ini masih dalam tahap perencanaan dan dijadwalkan akan dibangun pada tahun 2025 rest area tersebut akan berada 5 km dari gerbang tol Siak dan dirancang dengan sentuhan budaya lokal Riau dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti SPBU parkir untuk kendaraan besar dan kecil bengkel, minimarket,  Masjid, Toilet umum, Tenun, Foodcourt 12 kios UMKM, Taman Bermain, ruang Terbuka Hijau serta Klinik." ujar Indra Pomi melalui Pesan Whatsaapnya, Kamis (24/10/2024).

Salah satu infrastruktur Iconic yang sedang dibangun adalah Jembatan Sungai Siak dengan panjang total 214 meter dan bentang utama 97,5 m jembatan ini menggunakan metode balanced santiliver membangun jembatan dari kedua sisi menuju titik tengah untuk menjaga keseimbangan struktur desain jembatan ini tidak menggunakan pilar di tengah sungai, sehingga lingkaran tetap terjaga dan kapal logistik dapat melintas tanpa hambatan. ***