Koperasi Syariah Bakal Dibentuk di Pekanbaru

Rabu, 23 Januari 2019 - 22:48:42 WIB

H Sarbaini

PEKANBARU ---(KIBLATRIAU. COM) -- Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) bekerjasama dengan Dinas Koperasi akan melakukan pembentukan koperasi syariah. Bahkan, bagian Kesra siap memfasilitasi. 

Demikian disampaikan  Kepala Bagian (Kabag) Kesra Pekanbaru, H Sarbaini kepada wartawan  Rabu (23/1/2019). 

"Sebab masjid paripurna dibawah koordinasi Kabag Kesra.., Sifatnya kita hanya memfasilitasi. Sehingga ketika ini diwujudkan, minimal di kecamatan, sehingga keberadaannya dapat dirasakan masyarakat," ujar H Sarbaini usai rapat bersama pihak Diskop.

Dikatakan H Sarbaini, pihaknya masih  menunggu perkembangan. Setelah didapati kesepakatan antara dinas terkait, maka bagian Kesra akan duduk bersama dengan pengurus masjid paripurna.

"Kita akan rapat dulu dengan pihak koperasi. Setelah dapat kesepakatan, baru kita sebagai yang membawahi masjid paripurna, baru didudukkan (dengan Pengurus Masjid
Paripurna) dan kita akan membahas teknisnya bagaimana," terang Sarbaini. 

Pria yang belum lama menduduki posisi Kabag Kesra ini berharap, koperasi syariah Masjid Paripurna dapat segera terwujud.

"Kalau untuk tingkat kecamatan, secepatnya di 12 kecamatan bisa.terwujud. Sehingga kedepannya masyarakat bisa diberikan kemudahan ," harap Sarbaini. 

Lebih jauh dikatakan Sarbaini, setelah adanya rapat kordinasi, maka kedepan pihaknya kembali melakukan rapat, sehingga progres pembentukan koperasi syariah cepat dilakukan. 'Awalnya kita akan jadikan Masjid Paripurna Ar Rahman untuk dibentuk koperasi syariah  Setelah itu, baru di beberapa kecamatan yang ada di Pekanbaru, " terang. Sarbaini. 

Plt Diskop UMKM Kota Pekanbaru, Idrus, menambahkan, ada beberapa organisasi perangkat daerah yang terlibat dalam pembentukan koperasi syariah.

"Yang terlibat Dinas Kesehatan, karena nanti akan ada klinik. Disperindag dan Bagian Hukum. Karena berkaitan dengan badan hukum," singkat Idrus.(Fr/Hen)