Pemko Pekanbaru Siap Kelola Aset Pemprov yang Belum Dikelola secara Maksimal

Kamis, 11 April 2019 - 16:26:37 WIB

Firdaus ST MT

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)-- Hingga saat ini, masih ada aset milik Pemprov Riau yang belum dikelola dengan baik. Adapun aset yang memiliki potensi, diantaranya taman kota dan juga gedung atau venue olahraga. Terutama venue olahraga warisan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digelar di Riau pada tahun 2012 lalu.

Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT  menjelaskan, untuk menyelamatkan aset-aset yang belum dikelola dengan baik, maka ia  menyarankan agar Pemprov Riau bisa membentuk badan pengelolaan aset.

"Saran kita kalau dikelola semua oleh Provinsi bagus, tapi itu harus ada badan pengelola. Jangan diserahkan ke UPTD yang berada di bawah dinas, ini tidak akan maksimal. Kalau ditunjuk badan apakah dalam bentuk perusahaan daerah atau lainnya, dia punya otoritas mengelola secara baik,"  ujar Firdaus, Kamis (11/4/2019).

Firdaus mencontohkan, beberapa aset milik Pemprov Riau apabila dikelola dengan baik, nantinya bisa dikomersilkan kepada individu ataupun kelompok yang yang ingin menggunakannya.

"Misalkan di Sport Center Rumbai bisa dikomersialkan, bisa untuk pelajar juga, " sebut Firdaus.

Selain membentuk badan pengelola, Firdaus juga tidak akan menolak jika seandainya Pemprov Riau menyerahkan pengelolaannya kepada Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Kalau kami diberikan tugas mengelola siap. Tapi, kalau tidak silahkan Pemprov yang mengelolanya," harap Firdaus. (Lx/Hen)