Mobil Pusteling Kunjungi SD Negeri 85 di Kecamatan Rumbai Pesisir

Selasa, 06 Agustus 2019 - 19:40:42 WIB

mobil Perpustakaan Keliling (Pusteling) milik Pemerintah Kota Pekanbaru (Pemko) yang dikelola Oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru mengunjungi sekolah SD Negeri 85 Jalan Limbungan, Kecamtan Rumbai Pesisir., Selasa (7/8/2019)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Guna meningkatkan minat baca bagi murid,   mobil Perpustakaan Keliling (Pusteling) milik Pemerintah Kota Pekanbaru (Pemko) yang dikelola Oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru mengunjungi sekolah SD Negeri 85 Jalan Limbungan, Kecamtan Rumbai Pesisir,  Selasa (6/8/2019)

Kunjungan mobil pusteling ini merupakan agenda rutin yang dilakukan Dispusip. Dimana minat baca masih rendah di Kota Pekanbaru. Perpusnas RI menilai tahun 2016 silam, minat baca di Pekanbaru hanya 24.9 pada skala likert. 

Selain turun ke sekolah dengan membawa mobil pusteling, petugas Perpustakaan juga melakukan pembinaan terhadap perpustakaan sekolah agar perpustakaan sekolah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP). 

"Minat baca yang rendah sudah menjadi perhatian khusus Pak Walikota, sehingga sudah masuk agenda pembangunan 5 tahun dan menjadi salah satu dari 6 unsur Smart Citynya Pekanbaru yaitu Smart People,"  ujar Ir Nelfiyonna MSi selaku Kepala Dispusip Pekanbaru kepada wartawan,  Selasa (6/8/2019).

Dijelaskan Nelfiyonna, pihaknya berjanji akan memperbanyak titik layanan. Diantaranya 335 SD, 174 SMP, RTH Kaca Mayang dan RTH Tunjuk Ajar setiap minggu, lapangan Masjid An-nur pagi dan sore setiap hari Sabtu dan Minggu serta lapas anak.

"Ada juga layanan pusteling siaga, yang mana masyarakat bisa mengundang mobil perpustakaan keliling dalam acara-acara yang dilakukan masyarakat Kota Pekanbaru. Caranya, dengan menghubungi melalui Telp Kantor atau WA ke nomor pribadi kabid atau kasi layanan, surat menyurat bisa menyusul. Nanti akan kami tindaklanjuti dengan mengirimkan mobil pusteling ke lokasi yang diminta," sebut Nelfiyonna.

Diketahui, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Pekanbaru mengelola 4 buah unit mobil perpustakaan keliling yang mana mobil tersebut diperoleh dari 2 hibah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan 2 hibah CSR dari PT. Angkasa Pura II. (Lx/Hen)