Muncul Satu Pasien Positif Covid-19 di Riau

Senin, 30 Maret 2020 - 07:16:51 WIB

Drs Syamsuar

RIAU--(KIBLATRIAU.COM)-- Seorang warga Pekanbaru yang ikut jamaah tabligh akbar di Malaysia kembali terinveksi virus corona (Covid-19). Kini dia dirawat di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru/ Dan ia, sebagai pasien positif Corona kedua. Padahal, pasien positif Corona yang pertama baru saja diumumkan sembuh. Kedua pasien itu sama-sama pernah ikut tabligh akbar di Malaysia sebelum terinfeksi. Gubernur Riau Syamsuar didampingi Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, Indra Yovi membenarkan hal itu. Dia menyebutkan, pasien yang diketahui inisial A itu tengah menjalani perawatan."Iya benar, ada penambahan kasus positif Corona yang kedua," ujar Syamsuar di Gedung Daerah Balai Serindit, Ahad (29/3/2020).

Syamsuar menjelaskan, pasien kedua ini tidak berbeda dengan pasien sebelumnya yakni M, sebab pria berusia 42 tahun itu juga terinfeksi virus mematikan itu sejak pulang dari Malaysia. "Keduanya mengikuti kegiatan Tablig Akbar di Sri Petaling, Kuala Lumpur, Malaysia, pada akhir Februari yang lalu," kata politisi Partai Golkar itu.Syamsuar kembali meminta kepada masyarakat Riau yang mengikuti kegiatan tabligh akbar di Kuala Lumpur, agar segera melapor, atau dapat menghubungi call center 0761- 23810. Hal itu dilakukan agar jamaah diperiksa kesehatannya, dan tidak berinteraksi dengan masyarakat lain.

"Kita mengimbau agar masyarakat, tetap tenang dan jangan panik, lakukan pembatasan fisik (physical distancing), tetap di rumah dan hindari keramaian, rutin mencuci tangan dengan sabun. Kemudian, jaga pola hidup sehat, tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya," jelasnya. Untuk diketahui, dari situs resmi Pemprov Riau Corona.riau.go.id memaparkan terdapat sekitar 7.114 orang masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan hingga saat ini. Sebanyak 97 orang di antaranya telah selesai dilakukan pemantauan. Sehingga jumlah ODP saat ini mencapai 7.017 orang. Jumlah itu tersebar di 12 kabupaten dan kota yang ada di Riau.(Net/Hen)