Tetapkan pasien OTG Sembuh

Diskes Riau Minta Kabupaten dan Kota Cek OTG yang Isolasi 14 Hari

Kadiskes Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Dinas Kesehatan (Diskes) Riau  meminta agar kabupaten/kota untuk mengecek data pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) yang telah menjalani isolasi mandiri 14 hari. Hal ini, untuk menetapkan pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) bisa dinyatakan sembuh dari Coronavirus Disease  (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir menjelaskan bahwa hal itu penting dilakukan untuk menetapkan pasien OTG bisa dinyatakan sembuh dari Covid-19.

''Laporan kabupaten kota jumlah pasien menurun. Oleh sebab itu, perlu kita cek lagi untuk mengingatkan kabupaten kota,'' terang Mimi, Jumat (9/10/2020).

Mimi menerangkan bahwa ia bermaksud, kabupaten dan kota diminta mengecek selama 14 hari itu berapa orang pasien yang Orang Tanpa Gejala (OTG). Dan ia menilai, baiknya, mereka pasien OTG yang telah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari sudah bisa dinyatakan sembuh. 

''Seharusnya mereka berstatus OTG itu, dalam waktu 14 hari sudah bisa dinyatakan sembuh,'' kata Mimi. 

Namun, menurutnya, lain halnya, jika pasien bergejala yang dirawat di rumah sakit. Maka, harus ada penyataan klinis dari dokter yang menyatakan pasien tersebut sembuh. 

''Untuk OTG ini, memang harus dicek lagi. Karena yang menyampaikan dan mengerti datanya, mereka yang sembu kan kabupaten kota,'' tutur Mimi.(Ha)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar