Untuk Hindari Konflik

Pemko Segera Bentuk Tim Pendataan Rumah Ibadah

Baharuddin Ssos

PEKANBARU-(KIBLATRIAU. COM) -- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam waktu dekat segera akan membentuk tim untuk mendata rumah ibadah yang tersebar di Kota Pekanbaru.

Pendataan ini dilakukan guna menghindari munculnya kesimpangsiuran dan masalah yang akan timbul didepan, seiring lajunya perkembangan zaman dan wajah pembangunan kota yang kian hari kian berubah.

"Kita akan bentuk tim untuk mendata rumah ibadah ini. Sekarang laporannya ada yang berizin dan tidak. Nah, bagi yang tidak berizin, kita khawatirnya ini akan jadi masalah. Ujung-ujungnya konflik agama. Jadi tim ini akan mengecek sejumlah rumah ibadah mana yang belum berizin dan kita akan rekomendasikan agar izinnya diurus,"  ungkap Plt Asisten III Baharuddin SSos, Kamis (12/7).

Adapun tim yang dibentuk itu, lanjut Baharuddin akan dilakukan mulai dari tingkat kecamatan. Bekerjasama dengan sejumlah pihak, termasuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), pendataan rumah ibadah ini diharapkan dapat jadi solusi untuk mengetahui perkembangan dan penataan rumah ibadah yang ada di kota Pekanbaru.

"Jadi kalau dah dapat nanti datanya, maka kita akan mengetahui yang mana-mana saja yang perlu diperhatikan. Kita tak bisa menampik, zaman sekarang ini perkembangan pembangunan sangat gencar. 

Maka tak dimustahilkan pula muncul berbagai sengketa terkait dengan pendirian pembangunan tempat ibadah, atau beberapa sengketa lainnya yang dikhawatirkan akan berdampak konflik," tutur Baharuddin. (Kur)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar