Letjen TNI Herindra Jadi Wamenhan

Jokowi Lantik 5 Wakil Menteri bersama 6 Menteri Baru Hari Ini

Jokowi umumkan menteri baru

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik 5 Wakil Menteri di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12). Mereka akan dilantik bersama enam menteri baru hasil reshuffle (perombakan) kabinet.''Semua Wamen di lantik juga bersama para menteri. Lima orang (wakil menteri),'' ungkap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Liputan6.com, Rabu (23/12/2020) pagi.Heru mengatakan dua di antara lima wakil menteri yang dilantik yakni, Kepala Staf Umum TNI Letjen Muhammad Herindra. Eks Danjen Kopassus itu akan mengisiposisi Wakil Menteri Pertahanan menggantikan Wahyu Sakti Trenggono, yang ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan."Wamen, Menhan Pak Herindra,'' sebutnya.

Kemudian, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pahala Nugraha Mansury akan dilantik menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara. Dia menggantikan posisi Budi Gunadi Sadikin yang dipilih Jokowi menjadi Menteri Kesehatan.''Lainnya saya lupa,'' ucap Heru. Sebelumnya, ada enam kementerian yang dirombak oleh Jokowi. Mereka antara lain, Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang mengisi posisi Menteri Sosial. Dia menggantikan rekannya di PDIP, Juliari Batubara yang tersandung kasus dugaan suap dana bantuan sosial.

Lalu, Jokowi menunjuk lawannya di Pilpres 2019, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga menggantikan posisi Wishnutama, yang baru setahun dilantik menjadi menteri. Selain itu, Jokowi mencopot Terawan Agus Putranto dari jabatan Menteri Kesehatan. Posisi Terawan lalu diisi oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Budi Gunadi Sadikin. Budi Gunadi sendiri tidak memiliki latar belakang di bidang kesehatan.

Selanjutnya, Jokowi mendepak Fachrur Razie dari Menteri Agama. Jokowi memasukkan Ketua PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas memimpin Kementerian Agama.Jokowi juga mengumumkan Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Wahyu yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri Pertahanan menggantikan Edhy Prabowo yang menjadi tersangka dalam kasus ekspor benih lobster. Terakhir, Jokowi menunjuk Muhammad Luthfi menggantikan posisi Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan. Sebelum ditunjuk menjadi menteri, Luthfi merupakan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar