Asisten I Sekdako Langsung Pimpin Apel 

BPBD Pekanbaru Gelar Gotong Royong bersama Menyapa Alam

 Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra SSTP MSI saat turun ke lokasi dalam kegiatan goyong royong bersama di salah satu anak sungai di Kecamatan Rumbai Pesisir, Senin )28/12/2020)

Laporan Hendri Zainuddin

Pekanbaru

       DALAM rangka merespon terkait kebencanaan dan menjaga lingkungan agar bersih di tengah masyarakat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru melakukan aksi gotong royong bersama. Kegiatan ini dengan tema ''BPBD Menyapa Alam''. Sebelum melakukan aksi gotong royong bersama ini, pertama kali mengelar apel di depan Kantor Camat Rumbai Pesisir Senin (28/12/2020). Sementara itu apel langsung dipimpin Asisten I Drs Azwan MSi dan diikuti oleh para kepala Dinas di lingkungan Pemko Pekanbaru. Seperti Indra Pomi dari PUPR, Yuliarso SSTP MSi Camat Rumbai Syamsudin, para Lurah,  RT dan RW serta puluhan pegawai BPBD Kota Pekanbaru.

 Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra SSTP MSI mengatakan, bahwa kegiatan gotong royong bersama ini dilakukan untuk menjaga lingkungan di wilayah Kecamatan Rumbai dan pihaknya selalu tanggap jika ada kebencanaan.''Ya kita tadi langsung turun bersama-sama masyarakat untuk membersihakn drainase  dan anak sungai. Jadi, kegiatan ini memberikan edukasi kepada masyarakat agar menjaga lingkungan supaya bersih,'' ungkap Zarman kepada Kiblatriau.com Senin (28/12/2020) di ruang kerjanya.

Lanjut Zarman, pihaknya juga setiap saat juga merespon dengan cepat jika ada kebencanaan yang terjadi, seperti kebakaran hutan dan angin kencang.''Kita siagakan personil stanbay. Jika ada laporan kita langsung tanggapi dengan cepat apa yang sedang terjadi,'' sebut Zarman. Mantan Camat Payung Sekaki ini menambahkan, dalam kegiatan gotong royong bersama ini pihaknya berkordinasi dengan OPD yang ada di lingkungan Pemko Pekanbaru seperti PUPR, DLHK, Damkar dan Satpol PP.''Dari gotong royong yang kita lakukan ini, maka pihak terkait kita libatkan. Jadi, setiap OPD itu bisa merespon dengan cepat permasalahan yang terjadi. Contohnya jika masalah jalan, drainase ada PUPR dam sampah ada di DLHK. Dengan begitu itu, keberadaan OPD tersebut bisa menjalankan tufoksinya masing-masing, sehingga cepat ditangani bila ada yang mesti dikerjakan dan masyarakat menjadi senang,'' harap Zarman. 

Selain itu, terang Zarman, kegiatan gotong royong ini juga selalu diimbau dan terus diingatkan oleh Walikota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT supaya menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggal.''Pak wako selalu mengharapkan kepada masyarakat agar menjaga lingkungan supaya tetap bersih. Dan tradisi ini juga ditanamkan oleh nenek moyang kita,'' terang Zarman. Zarman juga menyebutkan., seiring dengan kegiatan gotong royong bersama ini, pihaknya juga menyerahkan bantuan masker kepada masyarakat lebih kurang seribuan.''Ya tadi, kita juga serahkan masker. secara gratis. Semoga masker yang diberikan ini dipakai oleh masyarakat secara rutin. Ini salah satu untuk memutus mata rantai covid-19,''  sebut Zarman.


Sementara itu, Asisten I Sekdako Pekanbaru Drs Azwan MSi menjelaskan,  mewakili Pemerintah Kota dalam hal ini Walikota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan gotong royong bersama  yang dilakukan BPBD yang menjadi pioner tentang kebencanaan dan menjaga lingkungan.

''Kita sangat apresiasi dan mendukung giat dan langkah preventif terhadap bencana serta menjaga lingkungan ini yang mungkin akan timbul akibat tangan manusia atau tak peduli dengan lingkungan. Oleh sebab itu, dengan adanya kegiatan ini, tentu memberikan edukasi dan mengingatkan kepada masyarakat supaya peduli dalam menjagalingkungan. Salah satunya jangan membuang sampah sembarangan dan menutupi parit. Terlebih jika hari hujan, tentu mengakibatkan air tergenang dan menyebabkan banjir,'' ujar Azwan.


Tambah Azwan, dalam kesempatan ini ia juga mengajak kepada semua komponen masyarakat supaya peduli dan tanggap terhadap lingkungan. ''Makanya giat ini akan efektif dan optimal jika semua stakholder dan masyarakat saling bersinergi dalam menjaga lingkungan. Sebab, menjaga alam dan lingkungan ini menjadi tanggung awab bersama. Jadi kegiatan yang dilakukan oleh BPBD ini sangat baik dan memberikan contoh, sehingga masyarakat saling menjaga lingkungan di sekitarnya,'' tutur Azwan. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar