Optimalkan Pelayanan bagi Masyarakat

Walikota Pekanbaru Resmikan Kecamatan Baru

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT meresmikan 15 kecamatan baru, secara virtual di auala perkantoran Tenayan Raya, Rabu (30/12/2020).

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Bertempat di Aula Perkantoran Tenayan Raya, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT meresmikan 15 kecamatan baru, Rabu (30/12/2020). Dimana peresmian penataan kecamatan tahun 2020 ini bersamaan dengan penetapan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pekanbaru tahun 2020 hingga 2040. Prosesi peresmian berlangsung lewat zoom. Walikota memimpin langsung peresmian ini dan masyarakat bisa menyimak prosesi peresmian lewat Facebook dan Youtube.

Prosesi peresmian ini berlangsung secara virtual karena masih dalam pandemi Covid-19 dan menggelar kegiatan sesuai protokol kesehatan.Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT mengatakan, bahwa saat ini perkembangan Kota Pekanbaru semakin pesat. Begitu juga pertumbuhan jumlah penduduk di Kota Pekanbaru tinggi, sehingga mendorong dilakukan pemekaran sejumlah kecamatan.

''Makanya  pemekaran ini harus dilakukan. Ini gunanya untuk mengoptimalkan pelayanan publik bagi masyarakat,'' ujar Firdaus. Dijelaskan Firdaus, penataan kecamatan ini juga untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan. Selain itu, pemerintah kota pun bisa semakin dekat dengan masyarakat.''Pembentukan sejumlah kecamatan baru ini sesuai Peraturan Daerah Kota Pekanbaru No.2 Tahun 2020 tentang Penataan Kecamatan,'' sebutnya. Sementara itu, Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Drs Azwan MSi menerangkan, penataan kecamatan ini sudah melalui serangkaian tahapan. ''Ya ada pembentukan hingga penyesuaian administrasi kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru. Ada penambahan dari 12 menjadi 15 kecamatan.'' ujarnya. Ia memastikan persiapan operasional kecamatan sudah dilakukan.  

Selain itu, Azwan menegaskan bahwa sudah ada tim yang dibentuk guna persiapan perubahan data admistrasi dan kependudukan pasca penataan. Adapun kecamatan yang dilakukan pemekaraan antara lain, Kecamatan Bina Widya, Kecamatan Tuah Madani. Lalu Kecamatan Tenayan Raya dan Kecamatan Kulim. Kemudian Kecamatan Rumbai Barat dan Kecamatan Rumbai Timur. Ada juga Kecamatan Rumbai. Lalau Kecamatan Payung Sekaki, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Marpoyan  Damai dan Kecamatan Sail. Selanjutnya Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Limapuluh, Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Senapelan.(Rls/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar