Bejalar dari Internet

8 Pembuat dan Pengedar Uang Dolar dan Rupiah Palsu Ditangkap

Ilustrasi borgol

TANGSEL--(KIBLATRIAU.COM)-- Polres Tangerang Selatan dan tiga Polsek jajaran, mengungkap produsen dan pengedar uang palsu dalam pecahan Dolar Amerika Serikat dan Rupiah. Dari pengungkapan itu, 1.526 lembar uang pecahan USD dan 150 pecahan uang Rp100.000 disita.Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin menjelaskan, pengungkapan kasus hasil kerja sama Sat Reskrim Polres dan tiga Polsek Ciputat Timur, Pamulang dan Serpong itu, bermula dari informasi masyarakat. ''Dari informasi tersebut, Polsek Ciputat meringkus enam orang pelaku di antaranya MH (37), AS (62), AK (56) AK alias KK (42) AH (44) dan SM (54). Mereka diamankan Polisi di depan Halte UIN Jakarta,'' ujar Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin dalam keterangan pers, Senin (8/2).Selanjutnya, dari pengungkapan di Polsek Ciputat Timur, Polsek Pamulang juga mengamankan pelaku berinisial OG (50) di wilayah Ciseeng, Kabupaten Bogor.

''Kemudian oleh Polsek Serpong diamankan pelaku RR (52) di dekat Mal WTC. Ternyata tiga pengungkapan itu, merupakan satu sindikat dalam 3 kelompok berbeda,'' jelas Kapolres.Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Angga Surya Saputra menuturkan, para pelaku yang diamankan tersebut, mengaku belum sempat mengedarkan uang palsu baik pecahan dalam mata uang USD maupun Rupiah.''Rencana diserbarkan di Tangerang Raya untuk Upal Rupiah. Untuk uang Dolar tidak terbatas dijual ke perorangan. Tapi belum sempat diedarkan,'' jelas dia.

Dari pengakuan sementara pelaku, rencananya uang Dolar dalam pecahan 100 USD per lembar itu, akan diedarkan pelaku dengan harga Rp20 juta per satu ikat pecahan 100 USD.''Pelaku mengaku belajar secara otodidak dari internet dan bahan baku yang diperoleh dari toko biasa," ucap dia.Dari pengungkapan itu, para tersangka disangka pasal 244 245 KUHP jo pasal 36 ayat 3 UU RI nomor 7 tahun2011. Tentang mata uang.''Ancaman pidana 15 tahun penjara. Semuanya masih dalam pemeriksaan dan pengembangan. Mudah-mudahan kita bisa mengembangkan jaringan-jaringannya,'' tutur Kapolres.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar