Tausiah Rutin di Masjid Nurul Muhsinin

Sambut Bulan Ramadan, Ini Poin Penting yang Disampaikan Ustadz Afrianto

Ustadz Afrianto saat sampaikan tausiah di Masjid Nurul Muhsinin, Ahad (28/3/2021)

Laporan Hendri Zainuddin

Pekanbaru

 

SETIAP subuh Ahad, tausiah atau ceramah rutin dilaksanakan oleh pengurus Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai. Untuk hari ini, Ahad (28/3/2021) ustadz yang menyampaikan ceramah agama yakni ustadz Afrianto.  

Sebelum memberikan tausiah, ustadz Afrianto mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT atas rahmat, kesempatan, kesehatan dan keselamatan yang diberikan sehingga bisa bersama-sama berkumpul di masjid dalam rangka mengikuti tausiah dengan harapan mencari keridoan dan ketaatan kepada Allah SWT. Selain itu, ustadz Aprianto juga mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad SAW dengan banyak bersalawat. Karena dengan banyak bersalawat akan mendapatkan safaat diyaumil akhir nanti.

Pada kajian subuh ini, ustadz Afrianto membahas beberapa hal penting dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan yang hanya tinggal dua pekan lagi. Disebutkan ustadz Afrianto karena bulan suci Ramadan ini sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim di belahan dunia termasuk di Kota Pekanbaru. Oleh sebab itu, ada hal yang mesti dilakukan atau disiapkan oleh seorang hamba (umat islam red).   Ada tujuh poin penting yang harus disiapkan oleh seorang hamba (umat islam  red) antara lain, harus pasangkan niat terlebih dahulu,.

Kemudian lakukan pelatihan atau sering puasa sunat dulu, qiyamulail, banyak bangun tengah malam untuk salat duha, sehingga nanti terbiasa. Selanjutnya senang menyambut datangnya bulan Ramadan tersebut, perbanyak berdoa dan minta kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan, keselamatan. Lalu sebelum masuk bulan Ramadan bersihkan diri dengan sesama manusia, saling bermaaf-maafan. Selain itu, bersihkan diri kepada Allah SWT dan terakhir selalu melakukan kafiat-kafiat dalam menghadapi bulan Ramadan tersebut. 
 
''Ya ada tujuh poin penting yang mesti dilakukan olseh seorang hamba untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan suci Ramadan tersebut. Jika sudah kita lakukan dengan yang tujuh poin ini, tentu di dalam bulan Ramadan nanti tidak akan canggung karena sudah terbiasa dan terlatih. Dengan begitu, pada bulan Ramadan nanti insyallah kita akan menjalaninya dengan baik dan nyaman,'' tutur Afrianto.***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar