Jadikan Alquran Sebagai Petunjuk Nyata

Cara Amalkan Alquran dalam Kehidupan. Ini Penjelasan Ustadz T Hanif

Ustadz T Hanif sampaikan ceramah di Masjid Nurul Muhsinin, Selasa (27/4/2021)

Laporan Hendri Zainuddin
Pekanbaru

TIDAK terasa pada malam ini; Selasa  (27/4^2021) sudah masuk malam yang ke enam belas puasa ramadhan 1442 H. Untuk kali ini yang menyampaikan tausiah safari ramadhan yakni ustadz T Hanif Ridho ML. 

Dalam ceramah itu ustadz  T Hanif menerangkan terkait manfaat alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Disampaikan ustadz T Hanif bahwa alquran merupakan petunjuk bagi.umat islam yang ada di muka bumi ini. Selain itu ada 
empat cara menjadikan Alquran sebagai petunjuk nyata dalam kehidupan.
Banyak cara untuk bisa mengistimewakan Alquran agar menjadi sahabat sejati dalam hidup. Berikut ini adalah empat cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan Alquran sebagai sahabat sejati yang istimewa:


 
Pertama, melafazkannya atau membacanya. Aktivitas membaca Alquran merupakan cara yang paling awal untuk bisa menjadikan Alquran sebagai sahabat sejati dalam kehidupan kita. Aktivitas membaca Alquran dapat dimaknai dengan melakukan rutinitas yang disusun secara sistematis dalam mengalokasikan waktu untuk bisa membaca Alquran.

"Bacalah Alquran, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat menjadi pemberi syafaat bagi orang-orang yang bersahabat dengannya," ujar T Hanif.

Ditambahkan T Hanif yang kedua, menghafalkannya. Kegiatan untuk bisa menghafal Alquran adalah langkah kedua yang dapat menjadikan Alquran sebagai sahabat sejati yang terpatri dalam hati dan tertera dalam jiwa. Sebagai sebuah kitab suci yang dijadikan pedoman hidup, ternyata Alquran merupakan satu-satunya kitab suci yang mudah dihafal di antara kitab samawi lainnya. 

Ketiga, menadaburinya. Langkah ketiga untuk bisa menjadikan Alquran sebagai sahabat sejati dalam kehidupan adalah dengan berusaha untuk memahami dan menadaburinya. 

 "Lalu yang ke empat, mengamalkannya. Langkah pamungkas yang harus dipastikan untuk bisa bersahabat dengan Alquran adalah berusaha untuk mengamalkan setiap ayat yang terkandung di dalamnya. 

Proses untuk bisa mengamalkan ini dapat dipahami dengan cara menjadikan setiap aktivitas kita sesuai dengan tuntunan Alquran, baik dalam urusan duniawi maupun ukhrawi.

Terlebih lagi membaca Alquran pada bulan ramadhan ini sangat banyak amalan yang akan diberikan Allah SWT kepada hambanya," tutur T Hanif.***

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar