Dekatkan Diri Kepada Allah SWT dan Minta Ampun

Ustadz DR Zulkarnain Umar Sampaikan Tausiah Subuh di Masjid Nurul Muhsinin, Berikut Penjelasannya

Ustadz DR H Zulkarnain Umar Lc MSi saat menyampaikan tausiah subuh di Masjid Nurul Muhsinin, Jumat (30/4/2021)

Laporan Hendri Zainuddin

Pekanbaru

 

     SETIAP selesai salat subuh, pengurus Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas,Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai melaksanakan tausiah rutin. Kali ini, Jumat (30/4/2021) bertepatan dengan puasa yang ke delapan belas ustadz yang menyampaikan tausiah yakni ustadz DR H Zulkarnain Umar Lc MSi. Dalam pemaparannya ustadz Zulkarnain Umar menyampaikan puasanya orang yang terdahulu yang dalam hal ini beberapa para nabi. Seperti nabi Adam, Musa, nabi Nuh dan lain-lainnya. Dari berbagai zaman terdahulu itu, ada berbagai macam cara untuk melakukan puasa, baik waktunya ataupun syariatnya. 

''Ada beragam macam jenis puasa yang dilakukan oleh para nabi zaman dahulu. Ada yang puasa 40 hari, ada puasa nabi yang puluhan tahun. Itu semuanya tak lain dan tak bukan hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena perintah puasa ini langsung dari Allah SWT dan telah dilakukan oleh orang-orang yang terdahulu. Oleh sebab itu, harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Para nabi saja taat dan patuh menjalankan perintah Allah SWT. Maka dari itu, kita sebagai hamba Allah SWT harus siap untuk menjalankan perintah Allah SWT ini dan semua amal kebaikan tersebut tujuannya hanya untuk meminta ampun kepada Allah SWT,'' ungkap Zulkarnain Umar.


Dijelaskan Zulkarnain Umar, cara yang baik untuk melakukan perintah Allah SWT itu antara lain selalu berbuat amal soleh.''Terutama di bulan puasa ini, kita harus mengerjakan semua amalan. Seperti salat lima waktu, salat sunat, baca alquran, zakat dan melakukan kebaikan yang intinya taat dan patuh kepada perintah Allah SWT. Karena jika sudah dekat dengan Allah SWT, maka hidup akan damai, tenang dan nyaman,'' sebut Zulkarnain Umar.

Sambung Zulkarnain, pada momen bulan puasa ini juga Allah SWT menurunkan alquran di muka bumi sebagai pedoman atau petunjuk dalam menjalani kehidupan.''Makanya manusia yang ingin selamat bacalah alquran. Sebab, banyak makna yang terkandung dalam alquran. Selain itu, alquran sebagai cahaya dan penerang dalam kehidupan di dunia ini. Bahkan, semua persoalan yang ada di dunia ini  ada dibahas dalam alquran. Jadi,  bacalah, galilah isi alquran dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari,'' harap Zulkarnain Umar. Pada pelaksanaan tausiah subuh tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di tengah masyarakat.***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar