Via Adu  Penalti 1-1 (11-10)P

Tekuk Manchester United, Villarreal Juarai Liga Europa 2020-21

Para pemain Villarreal merayakan gol Gerard Moreno ke gawang Manchester United di final Liga Europa 2020-21, Kamis (27/05/2021) dini hari WIB.

Bola.net-(KIBLATRIAU.COM)-- Villarreal sukses mengalahkan Manchester United via adu penalti dengan skor 11-10 (1-1) di final Liga Europa 2021 di Stadion Miejski, Gdansk, Polandia, Kamis (27/5/2021) dini hari WIB. Di pertandingan ini, Villarreal cuma membuat satu pergantian pemain dari skuat yang terakhir berduel lawan Real Madrid. Sementara itu Manchester United mengganti nyaris seluruh pemainnya, kecuali Eric Bailly, dari skuat yang terakhir berduel lawan Wolverhampton.

Gol dari Villarreal dicetak oleh Gerard Moreno. Gol Manchester United dicetak oleh Edinson Cavani. Di babak adu penalti, hanya satu eksekutor yang gagal yakni David De Gea.Manchester United berinsiatif untuk langsung menekan Villarreal di pertandingan ini. Mereka mengejar bola hingga ke area kotak penalti lawan.

Peluang pun didapat pada menit ketujuh. McTominay menendang bola dari ujung kotak penalti setelah mendapat umpan dari Rashford. Namun bola cuma melipir ke samping gawang MU.Villarreal kemudian mendapat peluang pada menit ke-15. Trigueros menyambut umpan dari Parejo. Sayangnya bola tendangannya masih melambung ke atas gawang.

Lima menit kemudian, Wan-Bissaka mengirim umpan crossing dari kanan. Namun bola melaju ke tiang jauh dan jatuh ke kaki Shaw. Ia kemudian menendang bola ke tiang jauh. Namun bola mengarah ke samping kiri gawang Villarreal.Gol akhirnya tercipta pada menit ke-29. Umpan Parejo dari sisi kiri lapangan ke tengah kotak penalti bisa disambut sontekan kaki kanan Moreno. Ia bisa melakukannya meski dikawal oleh Lindelof. Bola mengarah ke sebelah kiri gawang tanpa bisa dicegah De Gea. 1-0.

Tertinggal, MU berusaha keras untuk bisa menyamakan kedudukan. Mereka menggempur pertahanan sang lawan khususnya melalui sayap kanan. Namun Villarreal bertahan dengan kompak dan tak memberikan ruang pada para pemain MU untuk menguasai bola di area sekitar kotak penalti.

Pada menit ke-45, Greenwood menerobos pertahanan kiri Villarreal dan melepas umpan tarik ke tengah kotak penalti. Namun bola membentur selangkangan Albiol dan bola bisa diamankan kiper Rulli.Laga babak pertama pun berakhir. Villarreal 1-0 Manchester United.

Manchester United langsung setel kencang lagi begitu babak kedua dimulai. Sementara itu Villarreal juga masih bermain dengan tenang dan lebih suka menunggu dan bertahan dengan kompak.Namun pertahanan mereka jebol juga pada menit ke-55. Usai sepak pojok, terjadi kemelut di kotak penalti. Bola tendangan McTominay kemudian disambar oleh Cavani dan berbuah gol.Wasit sempat menunda selebrasi MU. Pasalnya ada dugaan Cavani mungkin offside. Namun setelah dicek dengan VAR, gol tersebut sah 100 persen. 1-1.

Pada menit ke-70, MU mendapat peluang emas melalui Rashford. Ia menendang bola umpan crossing rendah Fernandes dari sayap kanan. Namun bola melipir tipis ke sisi kiri gawang Villarreal yang sudah tak bertuan.Pada menit ke-71, peluang emas didapat Cavani. Ia menanduk bola hasil umpan Shaw. Namun bola tandukannya masih bisa dihalau oleh Pau Torres dengan kepalanya.

Menit ke-81, MU mendapat peluang lagi. Kali ini dari Rashford, yang menusuk masuk dari kiri. Ia melepas tendangan melengkung namun bola cuma melipir tipis ke samping gawang Villarreal.Duel kemudian berlangsung alot sampai menit ke-90. Dan sampai waktu tambahan tiga menit berakhir, tak ada gol tercipta. Duel pun dilanjutkan ke extra time.

Villarreal tampil lebih baik sejak babak extra time ini dimulai. Mereka jadi lebih terbuka dan berani menekan dengan pressing tinggi.Pada menit ke-99, Villarreal mampu membangun serangan yang membuat mereka bisa menusuk masuk via sisi sayap kiri melalui Alberto Moreno. Ia punya opsi menembak atau mengumpan. Sayang ia memilih yang pertama dan tembakannya melenceng jauh dari gawang MU.Pada menit ke-100, giliran Paco Alcacer yang mengancam gawang MU. Namun bola tendangannya dari ujung kotak penalti masih melambung tinggi dari sasaran.

Duel babak pertama extra time pun berakhir. Tak ada gol tambahan tercipta.Pada menit ke-113, peluang didapat oleh Villarreal. Moreno menanduk bola hasil umpan Coquelin. Namun laju bola masih bisa dihalangi oleh Fred.Pada akhirnya tak ada gol yang tercipta sampai extra time babak kedua berakhir. Laga pun dilanjutkan ke adu penalti.

Villarreal memulai eksekusi penalti dengan Gerard Moreno. Ia sukses mengecoh De Gea. 1-0. Juan Mata kemudian jadi eksekutor Manchester United dan melakukan penaltinya dengan apik. 1-1.Eksekutor kedua Villarreal adalah Dani Raba. Ia bisa mengecoh De Gea juga. 2-1. Eksekutor kedua MU adalah Telles. Ia juga bisa mengecoh Rulli. 2-2.

Eksekutor ketiga Villarreal adalah Paco Alcacer . Bola tendangannya hampir ditepis De Gea tapi masih bisa masuk gawang. 3-2. Bruno Fernandes kemudian membuat skor menjadi 3-3.Eksekutor keempat Villarreal adalah Alberto Moreno. Bola tendangannya ke pojok kiri bawah tak bisa diraih De Gea. 4-3. Rashford adalah eksekutor MU berikutnya. Ia bisa melakukan tugasnya dengan apik. 4-4.

Penendang kelima Villarreal adalah Dani Parejo. Sukses. 5-4. Cavani jadi eksekutor kelima MU. Mudah saja. 5-5.Penendang keenam Villarreal adalah Moises Bordonado. Ia mengecoh De Gea. 6-5. Fred jadi eksekutor keenam MU. 6-6.Penendang ketujuh Villarreal adalan Raul Albio. 7-6. MU kemudian menunjuk Dan James. 7-7.

Giliran berikutnya adalah Francis Coquelin. Penalti yang apik. 8-7. Manchester United kemudian menunjuk Luke Shaw. Bola sempat ditepis Rulli tapi masih masuk. 8-8.Berikutnya adalah Mario Gaspar. Nyaris terbaca tapi tetap masuk. 9-8. MU kemudian mengutus Axel Tuanzebe. Sempurna. 9-9.Eksekutor ke-10 Villarreal adalah Pau Torres. Mulus saja. 10-9. Man United kemudian memilih Victor Lindelof. Terbaca tapi tetap masuk! 10-10. Penendang ke-11 Villarreal adalah sang kiper, Geronimo Rulli. Ia bisa melaksanakan tugasnya dengan apik. 11-10. David De Gea kemudian jadi penendang berikutnya. Malangnya, ia gagal melaksanakan tugasnya karena bola sepakannya yang mengarah ke pojok kiri bawah ditepis Rulli. Manchester United pun kalah di final Liga Europa 2020-21 ini.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar