Kelurahan Terbaik  Wakili  Pekanbaru  di Tngkat Provinsi.

Pemko Pekanbaru  Gelar Perlombaan EPDeskel tahun 2021

Para peserta perlombaan tingkat kelurahan saat foto bersama

Laporan Syukri Mustakim

Pekanbaru


PEMERINTAH KOTA dalam hal ini Dinas Pemerdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3A-PM) kembali melalukan perlombaan evaluasi desa dan Kelurahan (EPDEskel) tingkat Kota Pekanbaru tahun 2021. Dimana lomba tersebut diikuti oleh sembilan kecamatan se-Kota Pekanbaru yang berlangsung 17 Juni sampai 21 Juni 2021.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemerdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3A-PM) Kota Pekanbaru, Chairani SSTP M.Si kepada Kiblatriau.com Jumat (18/6/2021). 

" Dasar hukum lomba kelurahan ini sesuai Permendagri 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Untuk tingkat Kota Pekanbaru pihaknya telah mengirimkan surat ke kecamatan untuk kelurahan terbaik dalam EPDEskel dengan kriteria yang wajib dipenuhi," ujar Chairani.

Disebutkan Chairani, bahwa  lomba ini kelurahan capaian yang harus dipenuhi terkait efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat dan mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat. Untuk penilai nantinya dari kalangan akademisi dan praktisi sesuai bidangnya masing-masing.

"Hari ini merupakan hari kedua dilaksanakan di Kelurahan Kedung Sari Kecamatan Sukajadi. Dan tim penilai yang diketua oleh Sugito dari Akademisi didampingi Sekretaris Dinas DP3A-PM H Zubir S.Sag, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Adriyani SH, Pengurus PKK Kota. Dengan metode jemput bola ke kelurahan, pihak kelurahan langsung melakukan persentase atau ekpos tentang keunggulan serta inovasi kelurahan tersebut di hadapan tim penilai," terang Chairani.

Sambung Chairani, dari penilaian tersebut, setiap kecamatan mengirimkan satu kelurahan menjadi perwakilan lomba tingkat Kota Pekanbaru. Kelurahan yang terbaik nantinya akan menjadi wakil Kota Pekanbaru lomba di tingkat provinsi.

Di ketahui, sebanyak sembilan kelurahan yang memgikuti lomba EPDEskel tahun 2021. Sedangkan hari pertama Kamis (17/06) Kelurahan Tangkerang Utara Kecamatan Bukit Raya, Kelurahan Suka Maju Kecamatan Sail, Kelurahan Bambu Kuning Kecamatan Tenayan Raya. Selain itu pada hari kedua Jumat (18/06) Kelurahan Sumahilang Kecamatan Pekanbaru Kota, Kelurahan Kedung Sari Kecamatan Sukajadi, Kelurahan Labuh Baru Barat Kecamatan Payung Sekaki.

 Lalu, pada hari ketiga Senin (21/6) Kelurahan Lembah Damai Kecamatan Rumbai, Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai Barat dan Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Timur. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar