Kedalaman 69 Kilometer

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Sumba Tengah

Ilustrasi gempa

SUMBA TENGAH--(KIBLATRIAU.COM)--Gempa bumi kembali guncang wilayah Sumba, Nusa Tenggara Timur. Kali ini terjadi di Kabupaten Sumba Tengah, Rabu (7/7/2021).Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan 5,2 skala richter, yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,0 skala richter.Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,54° Lintang Selatan, 119,71° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 kilometer, arah timur laut Kota Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah, pada kedalaman 69 kilometer.

Focaster Stasiun Geofisika Waingapu, Jumadin mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah, akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah Pulau Sumba.''Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),'' ujarnya.

Menurut Jumadin, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bima, Waingapu, Waikabubak, Tambolaka.''Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Di Labuan Bajo getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,'' ungkapnya. Walau demikian, Jumadin menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini juga tidak berpotensi Tsunami.''Masyarakat diimbau agar tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,'' harap Jumadin.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar