Italia jadi Juara dan Rekor Sempurna

6 Gelar Juara yang Diraih Timnas Italia, Ini Data Lengkapnya

Selebrasi timnas Italia setelah memastikan membawa pulang trofi Euro 2020 usai di final mengalahkan Inggris lewat adu penalti.

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Italia berhasil juara Euro 2020. Bagi Gli Azzurri, ini adalah ke-6 yang mereka raih di turnamen mayor [Euro dan Piala Dunia]. Italia menjadi juara Euro 2020 usai mengalahkan Inggris di babak final. Pada duel yang digelar di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB, Italia menang lewat babak adu penalti atas sang 'tuan rumah'. Italia tertinggal lebih dulu pada menit ke-2 dari gol Luke Shaw. Akan tetapi, Italia kemudian mampu menyamakan kedudukan lewat gol Leonardo Bonucci pada menit ke-67. Sukes Gianluigi Donnarumma menepis penalti Bukayo Saka memastikan Italia menjadi juara Euro 2020. Italia pun meraih gelar Euro kedua dalam sejarah mereka. Total, Italia punya enam gelar juara. Apa saja? 

Piala Dunia 1934
Italia adalah Piala Dunia kedua. Sebanyak 16 tim ambil bagian pada gelaran ini. Italia menjadi juara usai mengalahkan Czechoslovakia atau Rep. Ceko [nama sekarang] dengan skor 2-1 pada laga final. Gol-gol Italia dicetak Raimundo Orsi dan Angelo Sciavio. Sementara gol Rep. Ceko dicetak oleh Antoniin Puc.

Piala Dunia 1938
Hungaria, yang sedang dalam performa terbaiknya, menjadi lawan Italia di final Piala Dunia 1938. Italia menang dengan skor 4-2 untuk memastikan dua gelar secara beruntun alias back to back. Gol-gol Italia dicetak Gino Colaussi [2 gol] dan Silvio Piola [2 gol]. Sedangkan, gol Hungaria dicetak Pal Tiktos dan Gyorgy Sarosi.

Euro 1968
Italia berjumpa Yugoslavia pada final Euro 1968. Saat itu, tidak diterapkan aturan extra time atau adu penalti. Jadi, saat laga final pertama berakhir imbang
1-1, maka ada final ulangan. Pada laga final kedua, Italia menang dengan skor 2-0. Gol-gol Italia dicetak Luigi Riva dan Pietro Anastasi.

Piala Dunia 1982
Pada final Piala Dunia 1982, Italia berjumpa Jerman Barat. Italia menang dengan skor 3-1 lewat gol-gol yang dicetak Paolo Rossi, Marco Tardelli, dan Alessandro Altobelli. Sedangkan, gol Jerman dicetak Paul Breitner.

Piala Dunia 2006
Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 dengan mengalahkan Prancis di laga final. Pada waktu normal, Italia dan Prancis bermain imbang 1-1. Gol Zinedine Zidanedibalas gol Marco Materazzi.

Italia kemudian menang lewat babak adu penalti dengan skor 5-3. Semua penendang Italia mampu mencetak gol. Sedangkan, di kubu Prancis, ada David Trezeguet yang gagal menendang penalti.

Euro 2020
Gelar terbaru yang didapat Italia adalah Euro 2020. Italia menjadi juara dengan rekor sempurna, tidak pernah kalah sejak fase grup. Pada laga final, Italia menang atas Inggris lewat babak adu penalti. Selain membawa gelar juara, ada gelar pemain terbaik yang didapat Gianluigii Donnarumma.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar