PLN Akan Periksa Apa Penyebabnya

Warga RW 06 Keluhkan Tegangan Arus Listrik PLN Tidak Stabil

Salah seorang warga 06 Ronal

Laporan Hendri Zainuddin

Pekanbaru

   SEJUMLAH warga yang ada di lingkungan RW 06, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai mengeluhkan  arus listrik  (voltase red) PLN tidak stabil, sehingga warga merasa resah. Terlebih, lagi, jika aruslistrik tidak stabil tentu berdampak dengan kerusakan alat-alat listrik rumah tangga. Salah seorang warga bernama Ronal menjelaskan, bahwa beberapa hari belakangan ini di rumahnya tegangan arus listrik tidak stabil. ''Ya pada beberapa hari belakangan ini, di rumah saya tegangan arus listrik tidak stabil. Terlebih lagi, saat di malam hari, tiba-tiba arusnya turun. Dengan begitu, tentu berdampak kepada alat-alat listrik yang ada, bahkan bisa juga membuat tagihan menjadi naik,'' sesal Ronal kepada Kiblatriau.com, Kamis (29/7/2021).

Ditambahkan Ronal. dengan adanya tegangan arus listrik PLN yang tak stabil ini juga tentu membuat kerja stabilizer menjadi berat untuk menstabilkan voltase. ''Makanya kalau sering tak stabil, membuat biaya listrik menjadi besar. Oleh sebab itu, kita minta apa solusi dari PLN untuk menyelesaikan permasalahan ini, sehingga warga tidak dirugikan,'' tegas Ronal. 

Hal senada juga dikeluhkan warga lain Suska Vernando. Pria tegap ini juga mengalami hal yang sama, karena tegangan arus listrik di rumahnya juga tidak stabil dan naik turun. ''Belakangan ini, tegangan listrik naik turun. Kadang- kadang sedang nonton Televisi dan hidup kipas angin tiba-tiba voltasenya naik turun. Hal ini, juga berdampak dengan terjadinya kerusakan alat -alat listrik lainya serta pembayaran tagihan bisa juga melonjak naik, akibat tegangan tidak stabil,'' kesal Suska dengan nada geram.

Sambung Suska, dengan adanya tegangan arus listrik PLN yang tidak stabil tersebut, bukan hanya ia yang merasakannya. Namun, juga diperkirakan dialami juga oleh masyarakat sekitar yang ada di wilayah RW 06, KelurahanTangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai tersebut.''Saya rasa hal yang sama juga dirasakan oleh masyarakat yang lain terkait adanya tegangan arus listrik PLN yang tak stabil ini. Oleh sebab itu, saya juga yang mewakili RW 06 berharap kepada pihak PLN supaya bisa mengatasi apa permasalahan tegangan arus listrik yang turun naik itu, sehingga masyarakat merasa nyaman dan tidak resah lagi. Lagi pula sebagai pelangan juga wajib untuk mendapatkan pelayanan yang baik,'' tutur Suska.

Sementara itu, Humas PLN  UP3 Pekanbaru Dwi Ramadhan saat dikonfirmasi Kiblatriau.com , Kamis (29/7/2021) menjelaskan, bahwa tingkat mutu tegangan listrik +5 dan -10 dari 220 V..dan tertuang dalam kesepakatan dengan pelanggan (SPJBTL). Ini terkait adanya tegangan yang diterima masyarakat tidak sesuai TMP, PLN membuka lebar pelayanan pengaduan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan bisa menyampaikan pengaduan tersebut via contact center PLN (kode area) 123 dan aplikasi PLN Mobile.
 
''Bapak bisa melaporkan pengaduan terkait listrik PLN bisa dari contact center (kode area) 123 atau dari aplikasi PLN Mobile. Sementara itu, apa penyebab tegangan arus listrik turun naik perlu kita periksa dulu. Dan lokasi yang alami tegangan arus listrik tak stabil itu akan diteruskan ke petugas untuk diperiksa,'' singkat Dwi Ramadhan. ****


Berita Lainnya...

Tulis Komentar