Sampaikan Ceramah di Masjid Nurul Muhsinin

Sifat yang Buat Manusia jadi Rusak dan Hancur. Ini Penjelasan Ustadz Edi Azhar

Ustadz Edi Azhar saat menyampaikan ceramah agama Rabu (4/7/2021) malam

Laporan :  Hendri Zainuddin

Pekanbaru


        PENGURUS Masjid  Nurul Muhsinin yang  berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai setiap hari Rabu malam Kamis rutin menggelar wirid pengajian. Untuk kali ini  Rabu (3/2/2021) ustadz yang menyampaikan ceramah agama yakni ustadz Edi Azhar. Wirid pengajian dilaksanakan usai salat Magrib berjamaah dan selesai menjelang salat Isya.

Sebelum menyampaikan ceramah agama, ustadz Edi Azhar pertama-tama mengucapkan puji syukur kehadirat Alllah SWT yang telah memberikan kesehatan, keselamatan serta kenikmatan imam dan Islam. Selain itu juga tak lupa menyampaikan salam kepada Nabi Muhammad SAW. Karena pengajian yang dilaksanakan ini bagi jamaah yang hadir merupakan hal yang luar biasa, sebab tidak semua orang mampu dan mau datang ke masjid untuk mendengar pengajian tentang ilmu agama ini.

Dalam ceramah agamanya ustadz Edi Azhar membahas hal penting yang membuat seorang hamba atau manusia di muka bumi ini akan menjadi rusak, hancur dan tidak berguna di sisi Allah SWT. Adapun hal itu antara lain, manusia selalu memperturutkam hawa nafsu ,kikir yang selalu diikuti. Selanjutnya selalu membanggakan diri. "Ya ada beberapa hal yang membuat manusia hamcur dan rusak tak kala menjalani kehidupan di dunia ini. Oleh sebab itu, hindarilah semua perbuatan yang menjermuskan itu. Karena itu merupakan bisikan dari syaitan yang selalu mengangu manusia," ujar Edi Azhar.

Dijelaskan Azhar, bahwa pengertian dari hawa nafsu yang diperturutkan itu maknanya selalu berbuat hal-hal yang mubazir dan tidak melakukan perintah  dari Allah SWT. "Salah satu contohnya jika diberikan rezeki ,lalu tidak bersyukur dan melakukan perbuatan yang melangar perintah Allah SWT. Sebab hidup di atas dunia ini tidak akan merasa cukup.

Oleh sebab itu, apapun yang diberikan oleh Allah SWT harus kita banyak bersyukur, dengan begitu hawa nafsu bisa dikendalikan dengan baik," ujar Edi.Sambung Edi, selanjutnya yang membuat manusia rusak dan hancur adalah mempunyai sifat kikir yang terus diikuti.

"Banyak sifat yang dimiliki oleh manusia di atas dunia ini. Salah satunya sifat kikir. Berapa banyak orang yang kaya, tetapi tidak mau bersedekah di jalan Allah SWT. Maka orang yang seperti ini akan menjadi rusak dan dimurkai oleh SWT. Maka dari itu, janganlah hidup terlalu kikir, baik kepada diri sendiri maupun untuk orang lain. Bila ada rezeki maka berbagilah kepada orang yang membutuhkan. Dan terakhir janganlah selalu membangakan diri. Ini merupakan sifat dari syaitan dan sangat dimurkai oleh Allah SWT," tutur Edi.***

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar