Dorong Perekonomian Masyarakat

DPMPTSP  Pekanbaru Laksanakan Promosi Usaha Besar melalui Program Probis 

Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, Dessy Triana, SE, M.Si foto bersama

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Saat ini, Kota Pekanbaru memiliki potensi berbagai bidang sektor usaha untuk tumbung dan berkembang. Bukan hanya industri besar dan menengah, tetapi tak kalah memiliki potensi adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Berbagai bidang UMKM sudah tumbuh di Pekanbaru baik sudah mulai maju maupun masih dalam rintisan. Dimana pelaku UMKM yang masih baru atau dalam rintisan membutuhkan kerja keras untuk bisa berkembang pesat. Seiring dengan itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu melalui Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Pekanbaru. 

Salah Satunya adalah dengan melaksanakan program Promosi Bisnis atau lebih popular dengan sebutan Probis. Probis ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan usaha besar yang ada di Kota Pekanbaru dengan berlandaskan kepada SK Walikota. Program Probis ini merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan oleh  DPMPTSP Kota Pekanbaru dalam upaya untuk membantu para pelaku usaha agar dapat mempromosikan usaha atau bisnisnya dengan pembuatan liputan video profil usaha oleh tim kreatif Media Sosial yang berada di bawah bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal. Liputan video ini dilakukan secara gratis dan merupakan salah satu kegiatan unggulan dari DPMPTSP Kota Pekanbaru. Video liputan ini nantinya akan ditayangkan di kanal platform media Sosial DPMPTSP Kota Pekanbaru.

 


Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru M Jamil melalui Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, Dessy Triana, SE, M.Si  menjelaskan bahwa promosi usaha secara digital melalui
tayangan video perlu kita gencarkan untuk membangkitkan lagi  perekonomian yang ada di Pekanbaru khususnya di masa pandemi sekarang ini. Diterangkan Dessy, dalam satu bulan terdapat 2 usaha besar yang kami
promosikan, Jenisnya beragam, mulai dari sektor industri, jasa maupun perdagangan. Sampai Bulan Agustus ini akun Media Sosial DPMPTSP telah menayangkan sebanyak 8 usaha besar melalui program Probis.
 
Teknis pelaksanaannya, dikatakan Dessy  bahwa koordinator Probis memilih dan menentukan usaha besar yang akan diliput berdasarkan data perizinan di DPMPTSP, tahapan pertama melakukan konfirmasi langsung kepada pemilik usaha melalui via  telepon, tahapan kedua dilanjutkan dengan survey dan observasi untuk menentukan jadwal syuting dan konsep yang akan diusung, tahapan ketiga melakukan liputan video dan wawancara, dalam proses pengambilan video dan wawancara pelaku usaha, meliputi keunggulan produk, fasilitas yang disediakan, pemasaran  ,kelebihan dari competitor dan alamat usaha. Kemudian, tahapan ke empat  melakukan proses pengeditan oleh tim probis, terakhir video ditayangkan di Media Sosial resmi milik DPMPTSP Kota Pekanbaru. 

Selain di media sosial DPMPTSP video Probis juga ditampilkan pada standing display yang ada di dalam Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru, jadi pengunjung atau pengurus izin juga bisa melihat langsung Video Promosi dari DPMPTSP. ''Kegiatan Promosi Bisnis merupakan upaya DPMPTSP Pekanbaru melayani dan membantu Usaha Besar untuk dapat bangkit kembali ditengah pandemi covid-19, Sampai Bulan Agustus yang lalu  akun Media Sosial DPMPTSP telah menayangkan sebanyak 8 Usaha besar melalui program Probis,'' terang Dessy. 

Namun tidak sedikit pula yang meminta langsung DPMPTSP melakukan liputan, terlihat dari respon yang muncul pada komentar, instagram dan facebook DPMPTSP Pekanbaru. ''Kita berharap dengan adanya program ini iklim investasi di Pekanbaru bisa membaik, usaha besar dapat bangkit kembali seperti sebelum masa pandemi, terjalinnya kemitraan dengan UMKM Lokal agar perekonomian di Kota Pekanbaru bisa pulih kembali,''  harap Dessy. Bagi pelaku usaha yang mau dipromosikan terutama usaha besar yang baru launching, wajib follow dan subscribe media sosial DPMPTSP, kemudian dm/ kontak kami melalui web dpmptsp.pekanbaru.go.id/promosi.


Sementara itu,  Kepala Seksi Sarana dan Prasarana, Pelaksanaan Penanaman Modal Astried Dwimulyati menyampaikan bahwa pihaknya berharap dengan adanya kedua program promosi ini, pelaku usaha UMKM dan Usaha Besar bisa merasakan manfaat dari program ini, sehingga perekonomian di Pekanbaru bisa pulih dan semakin membaik lagi.''Kita harapkan program yang kita laksanakan ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang ada di Pekanbaru. Semoga kedepannya perekonomian semakin mengeliat lagi,'' harap Astried Dwimulyati. 

''Sedangkan Program Promosi bisnis (Probis)  kami fokuskan kepada Usaha Besar yang ada di Kota Pekanbaru, Usaha Besar yang dipromosikan mulai dari sektor industri, perdagang dan jasa, untuk Usaha Besar yang berminat diliput bisa menghubungi kontak tim Probis melalui no Hp: Robby 08117575781, Dhika 08117529685,'' terang Kepala Seksi Pengembangan dan Deregulasi Penanaman Modal sekaligus koordinator Program Probis, Dhika Genasa. (Advertorial)


 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar